Inilah Jenis Kayu Terbaik Untuk Dermaga Dengan Tampilan Artistik

Jenis kayu untuk dermaga — Indonesia adalah negara maritim yang mempunyai wilayah perairan laut yang cukup luas. Transportasi antar pulau saat ini masih ada yang menggunakan moda transportasi laut.

Maka tidak heran dermaga dapat kita jumpai di laut Indonesia dengan jumlah yang cukup banyak. Dermaga adalah tempat sebuah fasilitas di bagia tepi laut, sungai, danau atau udara untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya dengan sekala kecil.

Berbicara membangun sebuah dermaga pastinya yang terpikirkan adalah bahan baku yang dibutuhkan harus seperti apa, karena tempat dermaga sendiri yang memiliki cuaca dan bisa dikatakan cukup ekstrim sehingga bahan material yang nantinya harus dipergunakan pun dapat menyesuaikannya.

Ingin membangun Dermaga ?. Perhatikan Hal Ini

Membangun sebuah dermaga bukan perkara biasa saja, melainkan perlunya perhitungan yang matang seperti desain, ukuran, memiliki tingkat aman yang baik. Hal ini memang harus ada dalam membangun suatu dermaga.

Di era yang serba modern ini dengan dukungan teknologi yang memadai, segala hal pasti dapat terwujud salah satu contohnya membangun dermaga dengan bantuan alat khusus yang dapat memudahkan dalam hal pembangunannya.

Untuk membangun dermaga dapat kita lakukan dengan berbagai macam bahan material seperti beton dan kayu. 

Seperti halnya kayu yang pastinya sudah tidak diragukan lagi akan kualitasnya, akan tetapi bagi sebagian orang mungkin beranggapan bahwa kayu tidak memiliki daya tahan yang baik, apalagi penempatannya untuk dermaga. Namun pernyataan tersebut dapat terbantahkan, yaitu dengan mengguanakan decking kayu.

Decking Kayu adalah bahan material yang biasa dipasangkan pada area outdoor. Menggunakan decking kayu yang ditempatkan pada area dermaga memiliki nilai estetika dan kenyamanan.
Hal ini di dapat dari beberapa jenis kayu yang memiliki kualitas yang tinggi dari warna, motif, dandaya tahan yang dimilikinya. Terlebih dalam pembuatan decking memiliki fitur anti slip, yang bertujuan untuk permukaan menjadi kesat atau tidak licin, apalagi memang dermaga tidak jauh apa yang dinamakan air sehingga aman saat mempergunakanya
 
Di balik kualitas decking tersebut tentunya ada beberapa jenis kayu yang bisa menjadi rekomendasi untuk anda dalam menggunakan bahan baku dermaga, seperti penjelasan dibawah ini.

Jenis - Jenis Kayu Untuk Dermaga Yang Direkomendasikan Untuk Anda

Pada dasarnya tidak semua jenis kayu dapat dipergunakan dan ditempatkan untuk dermaga, hanya beberapa pilihan yang benar-benar dapat menyesuaikan lingkungan dan suhu yang ada pada dermaga.

Kualitas kayu memang perlu perhatian khusus, hal ini sangat di anjurkan bagi anda yang ingin menggunakan bahan material kayu, seperti pada penjelasan dibawah ini merupakan jenis kayu terbaik untuk dermaga, berikut penjelasannya.

Kayu Bengkirai


Pohon Bengkirai banyak ditemukan di hutan hujan tropis seperti Kalimantan. Kayu berwarna kuning ini dan kadang agak kecoklatan oleh karena itu terdapat istilah lain  dari kayu bengkirai yaitu Yellow Balau.

Kayu Bengkirai termasuk jenis kayu yang cukup awet dan kuat. kayu Bengkirai termasuk kayu yang memiliki daya tahan terhadap cuaca dan rayap.
Pada umunya kayu bengkirai digunakan sebagai bahan baku kontruksi dan bantalan rel kereta api. Inilah mengapa kayu bengkirai di rekomendasikan dalam penempatan di dermaga.

Kegunaan kayu Bengkirai dengan serat kayu bengkirai yang padat dan warna yang dominan kuning terang dan terkesan mewah sehingga kayu ini banyak diminati juga sebagai bahan penghias interior.

Kayu Merbau


Satu hal menarik yang ditunjukan oleh kayu merbau, bagi anda yang belum tahu. Kayu Merbau ini sangat banyak kegunaannya dan sering juga untuk dimanfaatkan oleh para kontruksi untuk penempatan area outdoor.

Secara kualitas kayu ini memiliki kekuatan tingkat I, kekerasan tingkat I dan keawetan tingkat II. Kayu Merbau ini tahan terhadap perubahan iklim dan pertumbuhan jamur. Kayu merbau memiliki kualitas yang sangat menjanjikan dengan warna kuning kecoklatan, coklat kemerahan hingga sedikit kemerahan. 
Cocok untuk mempercantik dermaga anda membuatnya elegan jikadermaga anda di pasang menggunakan kayu merbau.

Kelemahan kayu Merbau, jika terkena air pertama kali kayu ini akan mengeluarkan cairan (getah) yang sangat merekat, pastinya tentu ini cukup mengganggu. Namun seiring berjalannya waktu lama kelamaan cairan getah ini akan hilang sengan sendirinya.

Kayu Ulin


Apakah anda sudah mengetahui dengan jenis kayu yang satu ini ? Bahwa kayu ulin termasuk kayu terbaik dan terkeras didunia. Sebagian sumber mengatakan bahwa kayu ulin termasuk salah satu dari 10 kayu terkeras didunia.

Kayu Ulin secara teknis memiliki kekerasan terbaik, kekuatan terbaik dan keawetan yang sudah tidak akan diragukan lagi.

Kayu ulin, bisa digunakan di kondisi lembab sekalipun dan meskipun terkena air. Kayu ulin justru akan semakin padat dan kuat. Sehingga menjadikan kayu ulin salah satu bahan material yang pas untuk dermaga.

Karena kayu ulin memiliki kualitas dan kekerasan yang sangat baik dan bagus membuatnya banyak dicari, namun tidak sebanding dengan pertumbuhan kayu Ulin yang lambat. Saat ini kayu ulin dikategorikan kayu dilindungi, sehingga untuk mendapatkan kayu ini harus mempunyai izin yang sah dan tentu dengan biaya yang mahal.
Hanya saja, untuk mendapatkan kayu ulin terbilang sulit  dan juga memiliki harga yang cukup tinggi sehingga bila anda minat dengan kayu ini. Anda harus memesannya terlebih dahulu, beberapa minggu atau bulan untuk mendapatkannya.

Meskipun memiliki harga yang lumayan cukup tinggi akan tetapi bagi sebagian orang tidak menjadi alasan untuk menggunakannya sebab rata-rata mereka menginginkan dalam penggunaannya memiliki daya tahan yang berkualitas baik dan tentunya juga dapat dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama.

Nah, itulah beberapa jenis kayu yang direkomendasikan untuk anda dalam membangun sebuah dermaga dengan menggunakan bahan kayu. Cukup menarik bukan ?. Di dunia ini tentunya dapat kiat temukan berbagai macam bahan baku yang berkualitas tinggi, namun masih jarang sekali untuk menadapatkna seperti bahan kayu tersebut.

No comments for "Inilah Jenis Kayu Terbaik Untuk Dermaga Dengan Tampilan Artistik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel