Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal olahan kayu kayu ulin dan manfaatnya

mengenal jenis kayu ulin

Kayu ulin merupakan tumbuhan jenis kayu hutan tropikal basah yang tumbuh secara alami yang terdapat di wilayah Indonesia dan berada di daerah  Sumatera Selatan dan Kalimantan. Kayu ulin mempunyai tinggi 50 m dan berdiameter 120cm juga mempunyai tekstur yang kasar dan keras dengan memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetan kelas I, tidak heran kayu ulin biasa disebut sebagai kayu besi dengan mempunyai kualitas baik dari segi kekerasan dan keawetannya. 

Menurut Depatemen Kehutanan kayu ulin tidak termasuk salah satu pohon yang dilindung sehingga populasi tumbuhan kayu ulin yang terdapat di alam sudah mulai berkurang karena faktor kebutuhan akan penggunaan dari kayu ulin. 

Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kayu ulin

Kelebihan kayu ulin :

  • Tahan akan perubahan cuaca yang buruk
  • Tahan terhadap air
  • Tahan dari serangga seperti rayap
  • Memiliki Tingkat kekerasan dan keawetan kelas I 


Kekuranagn kayu ulin :

  • Susah untuk didapat karena polpulasi pohon ulin yang mulai berkurang karena banyaknya penggunan kebutuhan untuk olahan bahan seperti furniture.
  • Memiliki harga yang lumayan tinggi.


Selain kelebihan dan kekurangnya ada juga penjelasan menurut keterangan departemen kehutanan yang menyatakan bahwa kayu ulin merupakan jenis kayu yang mempunyai keindahan dan termasuk jenis pohon yang ditanam untuk berbagai tujuan salah satunya sebagai bahan furniture seperti lantai kayu dan lambersering pada bangunan rumah. 

Decking kayu ulin

decking kayu ulin


Decking kayu ulin merupakan olahan lantai kayu yang biasa diterapkan pada area outdoor seperti area tepi kolam renang, halaman rumah dan lain sebagainya karena kayu ulin sangatlah cocok dipergunakan pada area outdoor dengan memiliki ketahanan akan perubahan cuaca yang buruk dan tahan akan paparan sinar matahari.

Decking kayu ulin memiliki ukuran  1.9 cm x 9 cm x 200 - 400cm

Lambersering-plafon kayu ulin

lambersering kayu ulin


Lambersering kayu ulin merupakan olahan kayu yang digunakan sebagai palafon pada bangunan rumah karena memiliki kualitas yang baik juga memiliki daya tahan yang kuat terhadap pelapukan sehingga cocok digunakan sebagai plafon pada bangunan rumah.

Lambersering kayu ulin memiliki ukuran  1,1 cm x 8 cm x 100 cm up


Manfaat kayu ulin dari segi kesehatan

biji pohon ulin

Kayu ulin selain digunakan sebagai bahan olahan furniture ternyata pohon ulin mempunyai manfaat bagi kesehatan manusia yang terdapat dari buahnya. 
Buah ulin memiliki manfaat seperti dapat mengobati bengkak dan menghitamkan rambut. Adapun cara pengolahannya untuk dijadikan obat kesehatan dengan cara :
Pertama buah ulin harus dikeringkan terlebih dahulu setelah itu dicampurkan dengan minyak kelapa barulah dapat dipergunakan untuk mengobati bengkak dan menghitamkan rambut bahkan dapat mencegah tumbuhnya uban pada rambut.

Banyak yang mempergunakan obat tersebut terutama di daerah kalimantan yang biasa mempergunakan buah ulin sebagai bahan campuran obat karena memiliki banyak khasiatnya.

Manfaat kayu ulin bagi bangunan rumah

kayu ulin untuk rumah


Ketahanan

Dengan memiliki kekerasan kelas I dan dijuluki sebagai kayu besi banyak yang mempergunakannya sebagai olahan bahan furniture seperti di gunakan sebagai decking dan lambersering pada bangunan rumah.

Tampilan

Mempunyai warna dan aroma khas yang terdapat dari kayu ulin sama halnya seperti jenis-jenis kayu keras lainnya, sehingga sangatlah cocok dipergunakan sebagai tambahan interior rumah yang dapat menciptakan nilai estetika dan keindahannya.

Kenyamanan

Denga memiliki kualitas yang baik dari segi ketahanan dan tampilannya sehingga nyaman untuk dipergunakan sebagai olahan bahan furniture dan tidak ragu lagi untuk menilai kualitas dari kayu ulin tersebut selain itu juga kayu ulin sudah memenuhi syarat SNI untuk dipergunakan pada bangunan rumah.

Dari penjelasan diatas begitu banyak maanfaat yang terdapat dari kayu ulin dari penggunaan untuk dijadikan olahan bahan furniture dan buahnya pun dapat dijadikan obat kesehatan. Terlepas dari itu untuk penggunaan kayu ulin terutama digunakan sebagai tambahan interior bangunan rumah dapat menciptakan kesan yang natural, menciptakan nilai estetika, keindahan dan yang paling penting nyaman dipergunakan pada bangunan rumah.

Post a Comment for "Mengenal olahan kayu kayu ulin dan manfaatnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel