Cara merawat Lantai kayu Parket yang baik dan benar agar awet bertahun-tahun

lantai kayu adalah jenis lantai yang sedang populer saat ini karena elok dipandang dan asik ketika berjalan diatasnya.  Lantai kayu kerapkali menjadi pilihan terbaik untuk dipasang. Salah satu jenis lantai kayu yang paling banyak digunakan adalah lantai kayu Merbau.
Cara merawat Lantai kayu Parket yang baik dan benar

Yah, lantai kayu merbau sering sekali kita lihat terpasang di lantai rumah. Jenis lantai ini memang wajar juga jika banyak terpasang. Toh tampilannya juga mewah banget. Merah kecoklatan dengan corak lurus yang rapih menjadi kelebihan tersendiri dari Lantai kayu merbau ini.

selain lantai kayu merbau, masih banyak jenis lantai kayu lain yang bisa dipilih seperti sonokeling parket, Sungkai parket dan keruing parket.

Mungkin anda mempertanyakan satu hal tentang lantai kayu ini, yaitu bagaimana cara merawatnya ? sebetulnya cara merawat lantai kayu ini sangatlah mudah. Sama seperti merawat lantai jenis lainnya yaitu di Pel dan di lap secara rutin.

baiklah, jika memang cara merawat lantai kayu ini dirasa penting bagi anda, kali ini kami akan menguraikan beberapa tips merawat lantai kayu kayu agar terlihat kinclong dan awet hingga puluhan tahun.

Note : Artikel tentang cara merawat Lantai Kayu ini kami ambil dari salah satu website Perusahaan Lantai Kayu yaitu www.lantai-kayu.co.id

Jenis-jenis Perawatan lantai kayu

Dalam merawat lantai kayu ada beberapa jenis perawatan yang perlu diketahui, yaitu
  • Perawatan harian
  • Perawatan Minggunan
  • Perawatan Tahunan
  • bagian yang harus diperhatikan
Sebetulnya cara merawat lantai kayu untuk membuat lantai kayu tetap mengkilap tidaklah mudah. diperlukan konsistensi dalam merawat lantai kayu tersebut dari harian, mingguan, bulanan hingga tahunan.

Cara merawat Lantai kayu Parket yang baik dan benar

1. Cara merawat lantai kayu Harian

Perawatan lantai kayu pada jadwal harian ini sama dengan merawat lantai pada umumnya yaitu sapu dan pel lantai. Sedikit Tips, sebaiknya gunakan lap tidak terlalu basah dan jika bisa menggunakan MicroFiber sangat direkomedasikan.

Perawatan harian ini sangat penting bukan hanya untuk merawat lantai kayu, tetapi juga melindungi anda dari berbagai kuman yang bisa saja mengendap di lantai rumah anda.

2. Cara Merawat lantai kayu Mingguan

Rutinitas kebersihan seperti mengelap kaca dan menyedot debu di sela-sela rumah anda bisa dilakukan untuk merawat lantai kayu Mingguan. sebagai catatan agar memperhatikan bagian roda atau alas pada penyedot debu agar tidak menggores lantai kayu parket di rumah anda.

Selain dari menyedot debu, anda juga bisa melakukan pengecekan ulang bila mana ada noda membandel menempel pada lantai kayu untuk segera di angkat. Untuk cara mengangkat noda akan di bahas di bagian 4.

Sebelum lanjut ke no.3,bagi anda yang sedang mancari informasi Harga Lantai update akhir tahun 2020 bisa baca artikel berikut : Harga Lantai Kayu Murah (Parket, Mini Flooring, Flooring) 2020

3. Cara merawat lantai kayu tahunan

alangkah lebih baik jika setiap 2 atau 3 tahun sekali lantai kayu parket yang anda gunakan dirumah di beri cairan coating ulang karena mungkin saja dalam jangka waktu tersebut cairan coating pada lantai kayu mulai menipis dan mungkin habis.

tujuan coating ulang pada lantai kayu ini adalah untuk menjaga lantai agar tetap kinclong. Meskipun sebetulnya lantai kayu masih kokoh terpasang.

4. bagian yang harus di perhatikan ketika merawat lantai kayu

Cara merawat Lantai kayu Parket yang baik dan benar

# hindari dari kelembaban

air merupakan musuh alami dari kayu, meskipun lantai kayu sudah dilapisi dengan lapisan Finishing yang bisa melindunginya dari air, tetapi jika dibiarkan terlalu lama, air dapat terserap oleh lantai kayu dan membuat lantai kayu cepat keropos.

maka dari itu, Perhatikan juga penempatan lantai kayu tersebut. Sebaiknya hindari pemasangan lantai kayu di bagian dekat kamar mandi dan dapur. Untuk jenis lantai yang bisa di pasang di kamar mandi atau dapur, anda bisa menggunakan lantai keramik atau lantai vinyl

lantai vinyl memiliki motif kayu yang bisa menjadikan tampilan rumah anda tetap terkesan alami dengan lantai vinyl meskipun kesannya memang berbeda dengan lantai kayu solid (lantai kayu sungguhan)

# Tips mengepel Lantai kayu

Agar lebih optimal pengepelan dilakukan dengan beberapa tips ini. Yaitu jangan gunakan kain pel terlalu basah agar lantai kayu tidak menjadi lembab namun jangan juga gunakan kain pel kering karena tidak dapat mengangkat kotoran.

pengelan menggunakan kain pel basah memang memiliki resiko karena air dapat meningkatkan tingkat kelembapan parket sehingga menyebabkan perbedaan tekanan secara drastis. Hal ini menyebabkan sendi parket lepas sehingga lantai menjadi berbunyi ketika diinjak.

Solusinya, agar hasil lebih maksimal silahkan gunakan kain pel kering setelah mengelap dengan menggunakan Pel basar.

Pemilihan kain pel pun harus diperhatikan, sebaiknya gunakan kain pel yang lembut seperti katun atau microfiber sebagaimana dijelaskan sebelumnya.

# hindari lantai kayu dari goresan-goresan

Goresan pada lantai dapat disebabkan dari alas kaki yang memiliki alas tajam, sehingga alangkah lebih baik jika tidak menggunakan alas kaki ketika menginjakan kaki di lantai kayu karena lantai kayu sendiri tidak dingin dan nyaman untuk dipijak.

Kedua adalah Furnitur seperti kursi dan Meja. Terutama kursi yang memiliki mobilitas tinggi. Cara yang bisa anda lakukan agar kursi tidak membuat goresan pada lantai kayu adalah dengan memberikan alas karet.

Memang memakan waktu, tetapi untuk keterawatan lantai kayu anda sebaiknya lakukanlah.

# bahan-bahan yang untuk merawat lantai kayu

banyak jenis bahan yang bisa digunakan untuk merawat lantai kayu parket. Salah satu yang paling Populer adalah Cuka.

banyak situs yang merekomendasikan cuka dalam merawat lantai kayu karena cuka sudah terbukti dapat mengangkat noda-noda membandel pada lantai. Untuk menggunakan harus di campur dengan air.
jangan Gunakan cuka secara berlebihan karena justru dapat menyebabakan kondisi lantai cepat rusak, sebaiknya gunakan cuka hanya ketika ada noda membandel saja.
Jenis bahan lain yang bisa anda gunakan adalah Baking soda, Air lemon, minyak jaitun dan Roti gandum.

# Hindari dari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari langsung dapat menyebabkan lantai kayu mudah memuai. Solusinya adalah dengan Tutup sinar matahari secara langsung seperti menggunakan Goreng dan Furnitur

Sifat lantai kayu parket

Lantai kayu parket saat ini dipilih dari jenis kayu-kayu berkualitas tinggi yang sudah dibekali dengan sipat tahan kelembaban, anti pertumbuhan jamur, serangan rayap serta tingkat kerasan yang tinggi, Penggunakan kayu berkualitas tinggi ini tentu agar lantai kayu terpasang dengan sangat awet tanpa memerlukan perawatan yang ekstra.

Meskipun dampak lainnya adalah harga lantai kayu menjadi tinggi dengan dipilihnya jenis kayu berkualitas tinggi tersebut.
Cara merawat Lantai kayu Parket yang baik dan benar

Selain itu juga, Proses pemasangan lantai kayu juga tidak boleh dilakukan oleh orang sembarangan. Diperlukan orang yang sudah berpengalaman di bidang pemasangan lantai kayu untuk memasangnya karena pada proses pemasangan lantai kayu ada tahap-tahap yang jika tidak dilakukan dengan benar, dapat mengakibatkan lantai kayu cepat rusak.

Dampaknya, harga pasang lantai kayu menjadi tinggi.

Demikian pembahasan mengenai cara merawat lantai kayu parket. memang tidak mudah merawat lantai kayu parket jika anda menginginkan lantai kayu dengan kondisi yang sama ketika pertama kali di pasang.

Meskipun jika anda hanya menyapu lantai kayu tersebut memang sudah cukup untuk perawatan harian dan pembersihan noda hanya ketika ada noda menempel saja.

No comments for "Cara merawat Lantai kayu Parket yang baik dan benar agar awet bertahun-tahun"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel