Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perlu diketahui !.. lantai kayu memiliki Kelebihan dan kekurang

Kelebihan dan kekurangan lantai kayu — selain anda mengetahui dari jenis-jenis lantai kayu perlu anda ketahui juga dalam memahami mengenai kelebihan dan kekurang yang terdapat dari lantai kayu agar dapat memudahkan anda dalam mempergunakan lantai kayu pada bangunan rumah.

Memang tidak di pungkiri lagi lantai kayu terdapat kelebihan dan kekurangannya oleh sebab itu dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai kayu untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda dapat memilih jenis-jenis lantai kayu sesuai dengan penempatannya karena dipergunakan untuk menambah interior pada bangunan rumah anda agar terciptanya nilai keindahan, estetika dan yang terlebih nyaman untuk dipergunakan dalam bangunan rumah anda.

Dari setiap jenis lantai kayu seperti parket solid, parket laminate, dan parket engeered memiliki kelebihan dan kekurangannya  karena dalam proses pembuatan dan proses pengaplikasiannya memiliki perbedaan disesuaikan dengan peruntukannya.

Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari jenis parket solid, parket laminate, dan parket engeered.

kelebihan dan kekurangan lantai kayu


Kelebihan parket solid :

  • Menggunakan bahan dasar kayu yang diambil langsung dari potongan-potongan jenis kayu keras yang berkualitas baik.
  • Memiliki ragam motif dan warna.
  • Dapat dicat ulang menggunakan varnish sehingga terlihat seperti baru kembali.
  • Dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang karena memiliki ketahanan dan keawetan yang berkualitas baik

Kekurangan parket solid :

  • Riskan terhadap goresan yang disebabkan benda-benda tajam.
  • Membutuhkan perawatan yang khusus dalam menjaga kualitasnya.
  • Warna dapat kusam jika pemakaian yang sudah lama atau sering terkena paparan sinar matahari


Kelebihan parket laminate :

  • Memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan parket solid.
  • Mudah dalam peroses pemasangannya.
  • Memiliki ragam motif dan warna pada permukaannya seperti parket solid.

Kekurangan parket laminate :

  • Mudah kusam sama halnya seperti parket solid.
  • Jika mengalami kerusakan seperti terkena goresan akan susah untuk diperbaiki.
  • Tidak bisa di cat ulang untuk permukaannya.


kelebihan parket engeered :

  • Memiliki kualitas yang baik karena perpaduan antara parket solid dan parket laminate saat proses pembuatannya.
  • Memiliki permukaan yang lebih stabil dan tidak mengalami penyusutan.
  • Sama halnya seperti paket laminate memiliki harga yang terjangkau.

kekurangan parket engeered :

  • Rawan akan terjadinya kelembapan.
  • Tidak memiliki kekuatan dan keawetan seperti parket solid.
  • Tidak bisa di cat ulang berkali-kali.
  • Susah untuk dicari karena proses pembuatannya yang memakan waktu.


Itulah penjelasannya mengenai kelebihan dan kekurangan berdasarkan dari jenis-jenis parket tersebut, tidak sampai disitu juga, kami akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan lantai kayu pada bangunan rumah agar anda lebih memahami penggunaan lantai kayu, berikut penjelasannya.


Kelebihan lantai kayu pada bangunan rumah

Memiliki kekuatan dan keawetan

kelebihan lantai kayu pada bangunan rumah

Terutama bagi setiap kalangan orang menginginkan penggunaan bahan bangunan rumah yang memiliki ketahanan dan keawetan berkualitas baik maka dari itu untuk proses pembuatan bahan lantai kayu diambil dari jenis bahan kayu yang berkualitas baik dengan memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetan kelas II, oleh sebab itu lantai kayu mampu dipergunakan dalam waktu jangka panjang terlebih sudah memenuhi syarat SNI untuk dipergunakan pada bangunan rumah.

Kenyamanan

kelebihan lantai kayu pada bangunan rumah

Dengan memiliki beragam motif dan warna yang didapat dari jenis-jenis kayu keras sehingga memiliki nuansa natural terlebih dapat menciptakan ruangan tampil lebih elagan. Selain itu juga lantai kayu dapat menciptakan aura positif yang di dapat dari aroma khas dari kayunya sehingga nyaman untuk digunakan seperti saat sedang bersantai untuk menikmati suasana bangunan rumah.

Mudah dalam penerapannya

kelebihan lantai kayu pada bangunan rumah

Memiliki beragam jenis-jenis olahan lantai kayu sehingga dapat menyesuaikan tempat untuk menambah interior dari setiap sudut bangunan rumah anda dan lantai kayu telah dirancang sedemikan rupa untuk memudahkan anda dalam proses pemasangannya.


Kekurangan lantai kayu pada bangunan rumah

Rentan terhadap kerusakan

kekurangan lantai kayu pada bangunan rumah

Mudah terkena goresan pada permukaan lantai kayu yang disebabkan oleh benda-benda tajam sehingga harus berhati-hati dalam memilih benda untuk ditempatkan di  area ruangan yang menggunakan lantai kayu. Selain itu juga jika menempatkan lantai kayu pada ruangan yang sering terkena paparan sinar matahari dapat menyebapkan pelapukan terlebih dapat mengurangi kualitas warna pada permukaan lantai kayu atau menjadi kusam.

Untuk penggunaan lantai kayu jika mengalami kerusakan yang berat seperti terjadi keretakan pada permukaan lantai kayu dan untuk memperbaikinya harus mengganti dengan yang baru terlebih pada saat proses pergantian lantai kayu harus menyusun ulang, disini membutuhkan proses waktu yang lumayan panjang. 

Perawatan yang khusus

kekurangan lantai kayu pada bangunan rumah

Membutuhkan perawatan yang khusus untuk menjaga kualitas lantai kayu pada bangunan rumah seperti menjaga dari paparan sinar matahari dan untuk menjaga kualitas warna lantai kayu, anda perlu menempatkan lantai kayu yang tidak terjangkau dari sinar matahari atau bisa juga menggunakan tirai untuk menutupi jendela bangunan rumah anda. 

Karena jika tidak merawat lantai kayu dengan baik pada bangunan rumah anda untuk pemakaian waktu jangka panjang akan merepotkan bagi anda terlebih jika mengalami kerusakan pada lantai kayu tersebut butuh proses pengerjaan yang memakan waktu dalam perbaikannya.

Mengapa anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai kayu ?..... agar anda dapat memilih jenis lantai kayu dengan mudah untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda, selepas dari itu juga dengan menggunakan jenis-jenis lantai kayu pada bangunan rumah anda dapat menciptakan kesan yang bernuansa natural, estetika dan yang terpenting adalah nyaman dipergunakan untuk anda.

Post a Comment for "Perlu diketahui !.. lantai kayu memiliki Kelebihan dan kekurang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel