Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips memilih lantai kayu yang berkualitas baik

 Membangun sebuah bangunan rumah dengan tampilan elagan dan mempunyai keindahan adalah cita-cita bagi setiap orang terutama dapat membuat nyaman untuk ditempati. Terlepas dari itu terutama bagi yang menginkan penggunaan lantai kayu dan dipergunakan untuk menambah interior pada bangunan rumah perlu anda ketahui juga pada saat memilih jenis lantai kayu yang memiliki kualitas baik dan cocok dipergunakan pada bangunan rumah anda.

Disini kita akan jelaskan mengenai tips-tips memilih lantai kayu berkualitas baik untuk dipergunakan pada bangunan rumah. Untuk memilih lantai kayu yang berkualitas baik anda perlu memperhatikan beberapa tips untuk mempergunakannya, seperti :

tips memilih lantai kayu berkualitas baik


1. Persiapkan budget anda untuk memilih lantai kayu

persiapkan budget anda


Penting sekali untuk mempersiapkan keuangan anda karena sebelum memilih lebih dalam mengenai jenis-jenis lantai kayu alangkah baiknya untuk mempersiapkan budget anda agar dapat memilih jenis lantai kayu yang sesuai dengan keinginan anda.

Jika anda telah siap memperhitungkan budgetnya barulah anda dapat memilih jenis-jenis lantai kayu yang sesuai dengan keinginan anda. Memang tidak dipungkiri bagi setiap orang memiliki selera yang berbeda beda oleh sebab itu anda harus bijak saat memilih olahan lantai kayu agar dapat dipergunakan pada bangunan rumah anda agar dapat menciptakan nilai keindahan dan estetikanya.

2. Pilih jenis lantai kayu yang berkualitas baik

jenis-jenis lantai kayu


Karena lantai kayu memiliki beragam jenisnya, disini kami akan menginformasikan jenis-jenis lantai kayu yang memiliki ketahan dan keawetan yang berkualitas baik, seperti :
  • Parket solid merupakan jenis olahan lantai kayu dengan proses pembuatannya menggunakan potongan langsung yang diambil dari jenis kayu keras sehingga parket solid mempunyai ketahanan dan keawetan yang berkualitas baik.
  • Parket laminate merupakan jenis olahan lantai kayu yang terbuat dari campuran bahan kayu dengan menggunakan serbuk HDF ( high density fiberboard ). Mengapa menggunakan serbuk HDF ?.... karena diantara serbuk lain seperti MDF dan LDF, jenis HDF lah yang memiliki kualitas paling baik diantara jenis serbuk lainnya. sehingga parket laminate sangat lah cocok juga dipergunakan pada bangunan rumah terlebih memiliki harga yang terjangkau.
  • Parket engeereed Merupakan jenis olahan lantai kayu dengan proses pembuatannya berasal dari gabungan antara parket solid dan parket laminate, Parket engeered juga mempunyai harga yang terjangkau.
  • Decking memiliki perbedaan hal seperti jenis parket lainnya, untuk jenis decking dalam proses pembuatannya menggunakan jenis kayu keras akan tetapi untuk penggunaannya jenis decking biasa di tempatkan pada area outdoor bangunan rumah karena memiliki ketahanan akan perubahan cuaca yang buruk dan tahan akan paparan sinar matahari.
Dari jenis-jenis lantai kayu tersebut memiliki kualitas baik dilihat dari segi ketahanan dan keawetannya sehingga mudah untuk ditempatkan pada bangunan rumah anda dengan disesuaikan pengaplikasiannya. 


3. Pilih jenis kayu yang berkualitas baik

kayu yang berkualitas baik


Selain memilih jenis-jenis lantai kayu anda juga perlu memperhatikan jenis kayu yang digunakan untuk olahan lantai kayu karena penting sekali bagi anda selain lantai kayu digunkan unutk menambah tampilan rumah anda juga perlu memperhatika dari segi kekuatan dan keawetannya agar dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang.

Untuk bahan kayu yang digunakan sebagai lantai kayu, tidak semua dapat diolah menjadi olahan lantai kayu, hanya jenis-jenis kayu yang memiliki ketahan dan kekuatan yang berkualitas baik, seperti :
  1.  Kayu Jati
  2.  Kayu Merbau
  3.  Kayu Sonokeling 
  4.  kayu Bengkirai
  5.  Kayu Sungkai
  6. Kayu Ulin
  7.  Kayu Keruing
Dari jenis-jenis kayu tersebut mempunyai kualitas yang baik dilihat dari ketahan dan keawetannya mempunyai kelas I dan kelas II oleh sebab itu lantai kayu dapat dipergunakan pada bangunan rumah dengan memiliki kualitas yang baik.

4. Pilih jenis motif dan warna lantai kayu

motif dan warna lantai kayu


Mengapa harus memilih motif dan warna lantai kayu ?...

Penting sekali mengapa demikian karena dengan memilih motif dan warna pada lantai kayu untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda akan menciptakan kesan yang elegan terlebih juga untuk menyesuaikan warna yang dimiliki pada bangunan rumah anda.

Selain itu juga dengan memilih motif dan warna yang disesuaikan bangunan anda dapat menciptakan nilai keunggulan seperti nilai estetikanya dari setiap sudut ruangan rumah anda.

5. Sesuaikan ukuran lantai kayu dengan bagunan rumah

ukuran ruangan lantai kayu


Dan yang terakhi sangatlah penting terlepas dari semua yang tadi sudah dibahas, untuk mempergunakan lantai kayu pada bangunan rumah anda perlu memperhatikan ukuran karena setiap ruangan rumah memiliki perbedaan ukuran dan tata letak untuk penerapannya seperti rungan tamu, rungan dapur, ruang kamar tidur, dan bagian luar ruangan.

Terlepas dari itu, untuk mengukur setiap rungan rumah anda dibutuhkan juga ketelitian yang akurat dalam proses mengukurnya karena penting sekali selain untuk penempatan yang pas juga dapat menyesuaikan budget anda dari diawal agar tidak mengeluarkan biaya yang lebih untuk mempergunakan lantai kayu pada bangunan rumah anda.


Dengan memilih lantai kayu yang baik dan benar untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda dapat membuat nyaman dan indah untuk dilihat yang terlebih dapat menciptakan nilai estetika dan terkesan mewah pada bangunan rumah anda. Pastinya anda menginginkan bukan ?... yaps,, pastinya karena bagi setiap orang mengnginkan bangunan dengan tampilan mewah dan elegan. Terlepas dari itu jika saat ada tamu berkunjung kerumah anda dapat menikmati suasana yang estetikan dan tamu tersebut merasa nyaman saat berkunjung kerumah anda.

Post a Comment for "Tips memilih lantai kayu yang berkualitas baik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel