Mengupas dari jenis-jenis lantai kayu merbau

 

Olahan lantai kayu merbau

Kayu merbau merupakan tumbahan yang tersebar didaerah Maluku dan Papua barat. Kayu merbau bisa disebut juga sebagai kayu besi karena memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetan kelas II, untuk pohon merbau sendiri mempunyai tinggi 40 m dan berdiameter 200 cm dengan memiliki ciri fisik tekstur yang kasar dan permukaan yang halus juga mempunyai serat yang lurus.

Dengan seiringnya perkembangan jaman yang berteknologi canggih kayu merbau dapat dipergunakan menjadi olahan bahan furniture salah satu contohnya dijadikan lantai kayu, adapun proses pengolahan sebelum menjadi lantai kayu, yang pertama selah menebang pohon merbau lalu menuju peroses pengeringan untuk mengurangi kadar air yang terdapat pada batangnya sehingga dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang.

Lantai kayu merbau memiliki ragam jenis-jenisnya seperti :

  • Flooring kayu merbau
  • Lamparquet kayu merbau
  • Fjl unfinish kayu merbau
  • Decking kayu merbau
  • Papan tangga kayu merbau

Flooring Kayu Merbau

flooring kayu merbau


Flooring kayu merbau merupakan jenis lantai kayu yang di pergunakan pada area ruang tamu, dapur, dan kamar tidur.

Flooring merbau memiliki ukuran 1,5 x 9 x 30-90 cm. 

Jenis floring kayu merbau mempunyai jenis-jenisnya seperti :

  • flooring kayu merbau standar  1,5 x 9 x 30-120
  • flooring kayu merbau jumbo 1,5 x 12 x 20-90 cm dan 1,5 x 14 x 50-60 cm
  • mini flooring beple 0,9 x 7 x 30-120 cm
  • mini flooring uv coating 1,5 x 9 x 30-90 cm

Dari jenis-jenis flooring merbau tersebut mempunyai perbedaan dari segi ukuran dan cara penerapannya disesuaikan dengan peruntukannya.

Lamparquet Kayu Merbau

lamparquet kayu merbau


Lamparquet kayu merbua merupakan jenis lantai kayu dengan pengolahan yang diambil dari sisa potongan jenis flooring. Walaupun diambil dari sisa potongan flooring tidak perlu dihawatirkan dari segi kualitasnya karena sudah memenuhi syarat SNI untuk digunakan sebagai lantai kayu.

Lamparquet mamiliki ukuran 1 x 5 x 20-30 cm

FJL Unfinish Kayu Merbau

fjl unfinish kayu merbau


Fjl unfinish kayu merbau digunakan juga sebagai lantai pada bangunan rumah dengan memiliki  corak yang indah dan memiliki lapisan anti gores pada permukaannya sehingga fjl unfinish mempunyai kualitas baik dengan jenis lantai kayu lainnya.

Fjl unfinish memiliki beberapa ukuran  dari 1 x 5 x 20 cm sampai 1,5 x 15 x 188 cm

Decking Kayu Merbau

Decking kayu merbau


Decking kayu merbau nerupakan jenis lantai kayu yang biasa digunakan pada area outdoor seperti area tepi kolam renang dan halaman rumah karena memiliki karakteristik yang lebih tebal dan kuat sehingga mampu bertahan dari paparan sinar matahari, perubahan cuaca yang buruk dan tahan dari serangan rayap.

Decking kayu merbau memiliki ukuran 1,9 x 9 x 100 cm up

Papan Tangga Kayu Merbau

papan tangga kayu merbau


Papan Tangga Kayu Merbau digunakan pada bangunan bertingkat seperti penggunaan anak tangga atau biasa disebut trap tangga. Papan tangga kayu merbau mempunyia kualitaas yang baik untuk di pergunakan dan sudah memenuhi syarat SNI jadi tidak perlu diragukan lagi mengenai kualitasnya  untuk dipergunakan pada bangunan rumah.

Papan tangga kayu merbau memiliki 2 jenis yaitu 1 layer dan 2 layer

layer 1 dan layer 2
Dari segi penggunaanya sama hanya saja memiliki perbedaan dalam pembuatannya, berikut penjelasnnya :
  • 1 layer tanpa sambung yaitu potongan utuh yang diambil langsung dari kayu merbau.
  • 2 layer menggunakan sambungan yaitu  diambil dari sisa potongan kayu merbau dengan menggabungkan sisa potongan lainnya.
Untuk kedua jenis tersebut memiliki kualitas yang sama bahkan jika dilihat sekilas tidak mempunyai perbedaan yang signifikan.

Keunggulan lantai kayu merbau untuk bangunan rumah

keunggulan lantai kayu merbau


Begitu banyak manfaat yang didapat dari kayu merbau untuk dijadikan olahan bahan furniture seperti lantai kayu, tidak heran kayu merbau memiliki beberapa keunggulan untuk penggunaan bangunan rumah salah satu contohnya yaitu :

  • Termasuk jenis kayu keras yang berkualitas baik bahkan dijuluki sebagai kayu besi.
  • Memiliki tingkat kekerasan kelas 1 dan keawetan kelas 2
  • Mempunyai warna yang indah dan memiliki serat yang lurus pada permukaannya, sehingga akan terlihat indah pada saat mempergunakan pada bangunan rumah.
  • Sama seperti lantai kayu lainnya lantai kayu merbau mempunyai aroma khas yang didapat dari kayu tersebut sehingga nyaman saat bersantai didalam rumah.
  • Tahan dari serangan rayap karena kayu merbau memiliki unsur kimia yang tidak disukai oleh serangga seperti rayap.
  • Tahan akan perubahan cuaca yang buruk sehingga tidak perlu dihawatirkan lagi jika penempatan lantai kayu merbau berapa di area outdoor dengan disesuaikan jenisnya.

Dengan memiliki ragam jenis-jenis lantai kayu merbau terlebih jika menggunakannya pada bangunan rumah dapat menciptakan nilai keindahan dan estetika yang didapat dari lantai kayu merbau tersebut.

No comments for "Mengupas dari jenis-jenis lantai kayu merbau"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel