Mengenal Perbedaan lantai kayu dan lantai vinyl

Lantai kayu dan lantai vinyl

Untuk kedua jenis antara lantai kayu dan lantai vinyl memepunyai kesamaan pada saat dipergunakan sebagai penutup lantai pada bangunan rumah dan juga sebagai penambah hiasan interior yang dapat menciptakan nilai artistik dan natural bagi bangunan rumah.

Selain mempunyai kesamaan dalam penggunaannya lantai kayu dan lantai vinyl juga mempunyai kesamaan lain seperti mempunyai beberapa jenis, beberapa motif dan warna pada permukaannya hanya saja memiliki perbedaan dari penggunaan bahan dasarnya.

Nah, bagi anda yang belum mengetahui dari kedua jenis lantai kayu dan lantai vinyl simak ulasan yang kami berikan kepada anda mengenai perbedaan antara lantai kayu dan lantai vinyl.

Lantai kayu

lantai kayu


Lantai kayu menggunakan bahan dasarnya terbuat dari potongan-potongan kayu keras seperti kayu jati, kayu merbau, kayu ulin, dan kayu sonokeling, dengan mempunyai beberapa jenis lantai kayu seperti parket solid, parket laminate, dan parket engeered. Untuk jenis-jenis tersebut memiliki kualitas yang baik dan sudah memenuhi syarat SNI untuk dipergunakan terutama pada bangunan rumah.

Parket solid merupakan olahan bahan lantai kayu yang terbuat dari jenis kayu keras yang berkualitas baik tanpa ada bahan campuran lain atau bisa dikatakan murni 100% kayu sehingga parket solid mempunyai ketahanan dan keawetan yang berkualitas baik.

Partket laminate terbuat dari bahan serbuk kayu berjenis HDF ( hight density fiberboard ) yang memiliki kualitas paling baik diantara jenis lainnya seperti  MDF ( medium density fiberboard ) dan LDF ( low density fiberboard ).

Parket engeered untuk proses pembuatannya menggunakan bahan dari gabungan antara parket solid dan parket laminate sehingga memiliki kualitas yang baik juga untuk dipergunakan.

Keunggulan dari lantai kayu :
  • Menggunakan jenis kayu keras dengan tingkat kekerasan kelas I sehingga dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang.
  • Memiliki varian motif dan warna yang dimiliki lantai kayu sehingga dapat disesuaikan dengan selera.
  • Mempunyai aroma khas yang terdapat dari jenis-jenis kayu kerasnya.
  • Tahan terhadap rayap.
 

Lantai Vinyl

lantai vinyl

Lantai vinyl merupakan jenis lantai sintetis yang berbahan dasar  PVC ( polyvinyl cholaride ).
Lantai vinyl mempunyai karakteristik yang elastis dan tahan terhadap air. Disamping itu juga jenis lantai vinyl mempunyai beragam jenis motif kayu dan memiliki anti gores pada permukaannya sehingga dapat melindungi dari benda-benda yang dapat merusak pada lantai vinyl.

Untuk jenis lantai vinyl memiliki 2 jenis yaitu :

Vinyl tile mempunyai kualitas yang lebih bagus dengan memiliki fisik yang lebih keras dari segi keawetan juga mempunyai kualitas yang baik.

Vinyl roll mempunyai ketebalan yang lebih tipis dibandingkan jenis vinyl tile dan mempunyai harga yang lebih terjangkau dibandingkan vinyl tile. 

Selain itu juga untuk jenis vinyl tile dan vinyl roll memiliki brand ternama yang menyediakan berbagai jenis lantai vinyl yang bermotifkan kayu salah satunya yaitu Golden crown, Kendo, Hachiko, dan Home Deco.

Dari jenis-jenis brand vinyl tersebut mempunyai kualitas yang sama bagusnya dan sudah diakui di dunia karena dalam proses pembuatannya menggunakan alat yang modern dan dikerjakannya juga oleh tenaga profesional sehingga memiliki kualitas yang baik.

Adapun contoh gambar motif-motif yang dimiliki lantai vinyl :
motif-motif vinyl

Keunggulan lantai vinyl :

  • Memiliki varian warna dan motif kayu yang hampir sama dengan lantai kayu.
  • Memiliki elastisitas yang baik sehingga tidak mudah patah.
  • Tahan terhadap air karena lantai vinyl tidak memiliki resapan pada permukaannya.
  • Memiliki harga yang terjangkau dibandingkan lantai kayu karena menggunakan bahan PVC yang memiliki harga dibawah jenis-jenis kayu keras.


Perbedaan yang mencolok antara lantai kayu dan lantai Vinyl

perbedaan lantai kayu dan lantai vinyl

Berikut perbedaan dari lantai kayu dan lantai vinyl dengan masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri.

Ketahanan dan keawetannya

Lantai kayu 
Karena menggunakan jenis kayu keras yang memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas II sehingga tidak diragukan lagi dari segi kualitasnnya untuk dipergunakan dalam waktu jangka panjang.

Lantai vinyl 
Dengan menggunakan bahan pvc dan mempunyai elastisitas yang baik sehingga dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang seperti lantai kayu.


Tampilan dan kenyamanan

Lantai kayu 
Mempunyai kesan yang natural dan artistik untuk penggunaannya sehingga membuat tampilan bangunan menjadi lebih elegan dan menciptakan keindahan yang didapat dari lantai kayu.

Lantai vinyl 
Karena memiliki warna dan motif yang menyerupai lantai kayu sehingga dapat menciptakan tampilan elegan dan memiliki keindahannya.


Perawatan dan pemasangan

Lantai kayu 
Membutuhkan perawatan yang khusus dan pemasangan dengan teliti dengan memiliki tingkat kesulitan dalam proses pemasangannya sisi positifnya karena memiliki ukuran yang lebih tebal dibandingkan lantai vinyl.

Lantai vinyl
Tidak membutuhkan perawatan yang ekstra dan dalam proses pemasangannya juga dapat dilakukan dengan sendiri.


Dari segi kesehatan

Lantai kayu 
Karena mempunyai aroma khas yang terdapat dari kayunya sehingga dapat menciptakan aura positif pada ruangan rumah dan juga dapat menghangatkan ruangan.

Lantai vinyl 
Dengan terdapatnya bahan kimia dari bahan pvc oleh sebab itu lantai vinyl tidak baik bagi kesehatan.


Harga

Lantai kayu
Jika dibandingkan dengan lantai vinyl, lantai kayu memiliki harga yang lebih tinggi karena untuk penggunaan bahan dasarnya menggunakan jenis-jenis kayu yang berkualitas baik.

Lantai vinyl 
Memiliki harga yang terjangkau karena menggunakan bahan pvc yang sudah banyak ditemukan dipangsa pasar dunia.

Dari perbedaan diatas masing-masing memiliki kriteria tersendiri sehingga dari lantai kayu dan lantai vinyl memiliki kualitas yang sama baiknya untuk dipergunakan pada bangunan rumah. Teruntuk bagi anda mana yang paling baik untuk dipergunakan, itu tergantung dari selera maisng-masing hanya saja jika dilihat dari harga anda dapat memilih lantai vinyl atau jika anda melihatnya dari sisi kesehatan anda dapat memilih lantai kayu agar aman bagi kesahatan anda pada saat mempergunakannya.

No comments for "Mengenal Perbedaan lantai kayu dan lantai vinyl"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel