Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kayu sonokeling tampil dengan keindahannya

kayu sonokeling

Pohon sonokeling dengan nama lain sonosungu merupakan tumbuhan asli Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa. Kayu sonokeling mempunyai tampilan eksotis dan tidak kalah indahnya dengan kayu jati dan kayu merbau yang sudah dikenal luas.

Untuk kayu sonokeling merupakan jenis kayu yang sering dipergunakan bagi para pengrajin karena memiliki daya pikat tersendiri terlebih mempunyai warna dan corak khas yang terdapat pada kayu sonokeling.

Dengan seiringnya waktu perkembangan jaman kayu sonokeling mulai banyak diminati untuk dijadikan olahan bahan furniture seperti lemari, ukiran patung, dan bahkan diolah untuk lantai pada bangunan rumah karena memiliki kualitas yang baik dari segi ketahanan dan mudah dalam proses pengolahannya untuk dijadikan olahan bahan furniture jadi tidak heran untuk kayu sonokeling semakin banyak diminati.

Karakteristik kayu sonokeling

karakteristik kayu sonokeling


Pertumbuhan kayu sonokeling
pohon sonokeling menyukai tanah yang dalam dan lembap oleh sebab itu pohon sonokeling dapat tumbuh dengan baik jika memiliki ketinggian dibawah 600 mdpl dengan curah hujan sekitar 750-5.000 mm selain itu juga pohon sonokleing dapat tumbuh dengan tinggi 20 - 40 m dan berdiameter 150 cm. 

Ketahanan
Kayu sonokeling memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas II oleh sebab itu juga kayu sonokeling termasuk jenis golongan kayu keras seperti kayu jati dan kayu merbau.


Tampilan
Memiliki warna coklat gelap dan memiliki corak garis-garis hitam dengan tekstur halus mengkilap sehingga kayu sonokeling banyak dipergunakan oleh para pengrajin untuk dijadikan olahan bahan furniture

Selain itu juga kayu sonokeling memiliki beberapa keunggulan tidak diherankan lagi karena termasuk jenis golongan penghasil kayu keras dan memiliki daya pikat yang lebih seperti mempunyai warna dan motif khas yang terdapat dari kayu sonokeling.

Keunggulan kayu sonokeling :

  • Memiliki tingkat kekersan kelas I dan keawetan kelas II sehingga dapat dipergunakan untuk bahan furniture dengan pemakaian dalam waktu jangka panjang.
  • Kayu sonokeling tahan terhadap rayap dan pelapukan.
  • Kayu sonokeling memiliki warna hitam keungu-unguan  sehingga membuat tampilan indah.
  • Kayu sonokeling memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu jati dan kayu merbau.
  • Memiliki tekstur yang halus sehingga dapat mempermudah untuk mengolahnya.

Dengan keunggulannya tersebut, kayu Sonokeling layak dianggap sebagai kayu mewah dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi. Bahkan kualitasnya dianggap hampir menyamai kayu Jati dan kayu merbau. Sehingga kayu jenis ini kerap dipakai dalam industri mebel, kerajinan tangan, dan pembuatan lantai untuk bangunan rumah.

Pemanfaatan kayu sonokeling untuk dijadikan lantai kayu

lantai kayu sonokeling

Selain jenis kayu jati dan kayu merbau yang biasa digunakan sebagai olahan lantai kayu ternyata kayu sonokeling juga dapat dipergunakan sebagai olahan lantai kayu. Bagi anda yang mempunyai selera yang bertemakan gelap untuk penggunaan lantai kayu pada bangunan rumah anda jenis lantai kayu sonokeling sangatlah cocok dipergunakan selain warnanya yang gelap lantai kayu sonokeling juga mempunyai motif yang indah sehingga cocok juga dipergunakan sebagai lantai kayu pada bangunan rumah anda.

Untuk lantai kayu sonokeling biasa dipergunakan jenis parket solid karena memiliki ketahan dan keawetan sehingga bagi anda tidak perlu dihawatirkan dari sisi kualitasnya dan dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang pada bangunan rumah anda.


Lantai kayu sonokeling memiliki ukuran sekitar 1,2 x 4,5 x 13-90 cm sampai 1,5 x 9 x 30-90 cm.

Manfaaat lantai kayu sonokeling untuk bangunan rumah

lantai kayu pada bangunan rumah

Tahan dan awet

Karena memilik tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas II sehingga tidak diragukan lagi dari segi kualitasnya untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda dan yang terlebih lantai kayu sonokeling sudah dibekali syarat SNI untuk dipergunakan pada bangunan rumah, jadi tidak heran bukan lantai kayu sonokeling memiliki kualitas yang baik untuk dipergunakan.


Tampilan dengan eksotis

Dengan memiliki warna gelap dan corak garis-garis pada permukaannya sehingga memiliki keindahannya tersendiri yang dimiliki kayu sonokeling dan yang terlebih jika anda mempergunakan lantai kayu sonokeling pada bangunan rumah anda dapat menciptakan nilai estetika dan keindahannya.


Nyaman saat dipergunakan

Sama halnya dengan jenis-jenis kayu keras lainnya yang biasa dipergunakan sebagai lantai kayu pada bangunan rumah, lantai sonokeling pun memiliki aroma khas yang terdapat dari kayunya sehingga dapat membuat nyaman bagi anda pada saat sedang bersantai menikmati suasana rumah dan dapat membuat pikiran tanang pada saat anda sedang beristirahat.


Bagaimana pendapat anda mengenai jenis kayu sonokeling yang memiliki banyak manfaatnya ?. Memang tidak dipungkiri lagi untuk jenis kayu sonokeling begitu banyak manfaatnya karena termasuk golongan penghasil kayu keras, mudah dalam proses pengolahannya untuk dijadikan olahan bahan furniture dan memiliki warna serta motif yang indah.

Post a Comment for "Kayu sonokeling tampil dengan keindahannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel