Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saatnya mengenal lebih dekat dengan pohon bengkirai

mengenal lebih dekat dengan pohon bengkirai

Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis karena terletak di garis khatulistiwa disamping itu juga indonesia merupakan negara dengan sebutan sebagai paru-paru dunia dengan memiliki kekayaan alam yang cukup beragam, berbicara mengnai paru-paru dunia salah satu pulau terbesarnya yaitu kalimantan yang memiliki tumbuhan yang cukup beragam jenisnya kita sebut saja salah satunya yaitu tumbuhan pohon bengkirai.

Berbicara soal pohon bengkirai yang jarang sebagian orang mengetahuinya akan tetapi bagi para pengrajin sudah dipergunakan dengan berbagai olahan kerajinan.

Apa itu pohon bengkirai ?

Pohon bengkirai atau bisa disebut juga yellow balau pohon yang memiliki ragam manfaat dan keindahan yang dimilikinya di samping itu juga pohon bengkirai sering sekali kita jumpai khususnya di daerah Kalimantan yang masih terjaga hutan-hutan yang dimilikinya.

Terlapas dari itu untuk pohon bengkirai sendiri banyak sekali dipergunakan dengan memanfaatkan kayunya sebagai bahan baku kontruksi dan kerajinan tangan karena dianggap mudah dalam proses pengolahannya sehingga sering sekali dimanfaatkan bagi kalang orang. Selain itu juga kayu bengkirai menjadi bahan produksi ekspor hingga keluar negri karena memiliki kualitas yang cukup baik.

Karakteristik yang dimiliki kayu bengkirai

karakteristik kayu bengkirai

Pertumbuhan pohon bengkirai

Pohon bengkirai tersebar luas di daerah Kalimantan dengan memiliki ketinggian hingga 40 m dan berdiameter mencapai 120 cm disamping itu juga dapat tumbuh dengan baik jika tumbuh di ketinggian 600 mdpl dengan curah hujan yang baik.

Tingkat ketahanan pohon bengkirai

Pohon bengkirai memiliki tingkat ketahan kelas I dan tingkat keawetannya kelas II mungkin setara dengan pohon jati. Dengan memilkiki tingkat ketahanan dan keawetannya berkualitas baik tidak dipungkiri lagi pohon bengkirai sering sekali dicara oleh bagi para pengolah kayu untuk dijadikan berbagai olahan-olahan kayu.

Warna dan serat pohon bengkirai

Memiliki warna batang kayu coklat muda kekuningan dengan memiliki tekstur dari halus hingga kasar dan memiliki batang serat yang lurus sehingga jenis kayu keruing memiliki tampilan yang indah.

Dengan miliki karakteristik yang beragam tidak lepas juga dari keunggulan yang terdapat dari jenis kayu bengkirai ini, bagi anda tidak lengkap juga jika belum mengetahui keunggulan kayu bengkirai yuk kita simak ulasan sebagi berikut.

Beberapa keunggulan yang dimiliki kayu bengkirai, seperti :

  • Memiliki tingkat ketahan dan keawetan yang berkualitas baik sehingga dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang dengan be
  • Mudah untuk diolah
  • Memiliki keindahan dan tampilan estetika
Selain dari karakteristik dan keunggulan yang dimiliki dari pohon bengkirai, disini juga saya akan menjalaskan tentang jenis pemanfaatan kayu bengkirai dengan berbagai manfaatnya, berikut penjelasannya.

Jenis pemanfaatan kayu bengkirai

pemanfaatan kayu bengkirai

Sebagai bahan baku kontruksi 

Kayu bengkirai sering sekali dipergunakan menjadi bahan baku kontruksi seperti tiang penyanggah, jembatan, bantalan rel kereta api, dan lain sebagainya.

Karena kayu bengkirai dianggap mampu dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama selain itu juga untuk proses pengolahannya terbilang mudah untuk dioalah berbagai macam kebutuhan.

Dipergunakan bagi para pengrajin

Untuk para pengrajin kayu digunakan sebagai olahan furniture dari kerajinan tangana seperti ukiran dan diolah untuk pembuatan mebel karena kayu bengkirai memiliki tampilan yang indah dengan memiliki warna yang cerah kekuningan sehingga bagi para pengrajin dianggap cocok untuk dipergunakan disamping itu juga kayu bengkirai sudah mulai banyak peminatnya.

Diolah untuk lantai bangunan

Selain dipergunakan sebagai bahan baku kontruksi dan kerajinan ternyata kayu bengkirai dapat diolah untuk lantai bangunan, ya itu karena jenis kayu bengkirai dianggap mampu untuk dijadikan olahan lantai kayu dengan apa yang dimilikinya dari segi ketahanan,keawetan dan tampilannya sudah memenuhi syarat untk diolah sebagai lantai pada bangunan rumah.

decking kayu bengkirai
Lantai kayu bengkirai merupakan jenis lantai kayu yang biasa penerapan tempatnya di area outdoor dengan menggunakan jenis decking.

Untuk jenis decking bengkirai memiliki ukuran yang cukup tebal yaitu 1,9 x 9 x 200-400 cm dengan memiliki ukuran yang tebal dan ditambah lagi tidak diragukan mengenai kualitasnya sehingga decking kayu bengkirai dianggap cocok untuk dijadikan lantai pada bangunan seperti rumah.


Selain itu juga decking bengkirai memiliki keunggulan diantarannya yaitu :

  • Memiliki daya lengkung yang minim sehingga dapat menyesuaikan tempat yang akan diaplikasikan.
  • Memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga dapat membuat tampilan bangunan rumah terlihat mewah dan elegan.
  • Tahan akan perubahan cuaca yang buruk.
  • Tahan dari paparan sinar matahari.
  • Selain itu juga memiliki harga yang bisa dikatakan terjangkau sehingga tidak perlu lagi memikirkan soal harga jika akan mempergunakannya.

Keuntungan yang didapat dari kayu bengkirai untuk hunian rumah

Keuntungan kayu bengkirai untuk rumah

Ketahan dan Keawetan

Dengan yang sudah tadi dijelaskan mengenai kualitas ketahanan dan keawetan yang berkualitas baik sehingga lantai kayu bengkirai yang dipergunakan pada bangunan rumah dapat bertahan dalam kurung waktu yang cukup lama.

Tampilan

Memiliki warna yang cerah kekuningan dan juga memiliki motif yang indah jika mempergunakan pada bangunan rumah dapat menciptakan nilai artistik, natural , dan terlihat lebih mewah bahkan dapat membedakan dari bangunan lain yang tidak menggunakan jenis lantai kayu.

Kenyamanan

Dari segi ketahanan yang berkualitas baik dan tampilan yang menarik perhatian sehingga lantai kayu bengkirai akan nyaman pada saat mempergunakannya terlebih lantai kayu memiliki aroma khas yang didapat dari kayunya sehingga dapat menimbulkan aurapositif bagi yang mempergunakannnya.

Dengan mengetahui jenis pohon bengkirai maka pengetahuan wawasan anda tentang kayu semakin bertambah apalagi jenis kayu bengkirai memiliki banyak manfaatnya sehingga untuk olahan lantai kayu bengkirai bisa menjadi suatu pilihan bagi anda jika akan mempergunakannya pada bangunan rumah anda.

 

Post a Comment for "Saatnya mengenal lebih dekat dengan pohon bengkirai"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel