Cara Membersihkan Lantai Rumah, Berdasarkan Tipe Lantai Anda

Cara membersihkan lantai rumah —  Rumah secara umum dapat diartikan sebagai tempat untuk berlindung atau bernaung dari pengaruh keadaan alam sekitarnya, serta merupakan tempat beristirahat setelah bertugas untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari. Namun, pengertian rumah juga dapat ditinjau lebih jauh secara fisik dan psikologis.

Dari segi fisik rumah berarti suatu bangunan tempat kembali dari berpergian, bekerja, tempat tidur dan beristirahat memulihkan kondisi fisik yang letih dari melaksanakan tugas sehari-hari.

Rumah yang bersih dapat membawa kita semakin nyaman saat menempatinya. Dalam membersihkan rumah yang sering kita lakukan yaitu membersihkan lantai.

Lantai sendiri memang menjadi salah satu tempat bersarangnya debu dan berbagai kuman yang menempel pada permukaan lantainya.

Baca Juga : Rekomendasi Lantai Terbaik Untuk Rumah Anda

Oleh sebab itu pastinya bagi sebagian orang hampir setiap harinya membersihkan rumah terutama pada lantainya.

Dalam membersihkan lantai rumah tergolong cukup mudah, ya tidak dipungkiri lagi bukan ?. Hal ini memang di anggap wajar karena sifatnya bisa menjadi kegiatan rutinitas sehari-hari.

Memang dalam konteks membersihkan lantai rumah, pastinya yang terpikirkan adalah dengan cara yang sama seperti pada umumnya bukan ?. Ya itu tepat sekali, salah satu contohnya seperti jenis lantai keramik, lantai granit, dan lantai marmer. Hampir semua jenis tersebut memiliki cara yang sama dalam membersihkannya.

Akan tetapi bagamaina dengan lantai kayu dan lantai vinyl ?.. Nah disinilah yang perlu kita ketahui lebih dalamnya lagi. Apakah caranya berbeda ? Lalu Bagimana Caranya ?. Untuk lebih jelasnya lagi simak ulasan yang kami berikan berikut ini.

Cara Membesihkan Lantai Keramik, Granit, Dan Marmer.


Seperti yang sudah kita ketahui dalam hal membersihkan lantai rumah seperti keramik dan lain sebagainya memang tergolong cukup mudah. Anda hanya membersihkannya  menggunakan sapu dan pel. Seperti cara berikut ini :

  • Langkah pertama sebelum anda membersihkan lantai rumah. Untuk terlebih dahulu membereskan barang-barang yang sekiranya dapat mengganggu aktifitas saat nantinya membersihkan lantai.
  • Persiapkan alat dan bahan yang kalian butuhkan contohnya sapu / vacum cleaner, kain pel, dan carian pembersih lantai.
  • Memilih ruangan mana yang akan dibersihkan terlebih dahulu, hal ini biasanya dalam memersihkan lantai rumah. Diawali pada bagian dalam hingga bagian luar rumah anda.
  • Menyapu bagian-bagian yang terdapt debu pada permukaan lantai. Biasanya yang sering terlewatkan dalam menyapu adalah bagian kolong kursi dan bagian sudut bangunan, oleh karena itu bagian ini jangan samapai terlewatkan.
  • Sekiranya permukaan lantai sudah terlihat bersih dari debu, barulah anda mengepel lantai dengan menggunakan kain pel yang telah di beri carian pembersih lantai.
Itulah langkah-langkah dalam memebersihkan lantai keramik, granit, dan marmer. Perlu anda ingat setelah melakukan pengepelan pada jenis lantai tersbut, tunggulah beberapa menit atau sampai sekiranya benar-benar kering. Karena jenis lantai tersebut memiliki permukaan yang licin bila terkena air.

Sehingga anda haruslah berhati-hati, setelah melakukan hal tersebut. Agar tidak menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan.

Bagaimana Cara Membersihkan Lantai Kayu Dan Lantai Vinyl ?.... 

Mengapa dalam pembahasan kali ini dalam membersihkan lantai rumah perlu dibedakan ?. sebab pada umunya hampir semua jenis lantai memiliki bahan dan cara pembuatannya berbeda-beda seperti ada yang terbuat dari bahan campuran kimia dan bahan yang langsung didapat dari alam yaiut kayu maupun batu. 

Bahan material tersebut memiliki nilai kelebihan dan kekurangannyua contohnya ada yang tahan dari air dan juga sebaliknya. Sehingga dalam hal ini perlu anda ketahui juga, agar nantinya dalam membersihkan lantai tidak sampai merusaknya.

Baca Juga : Cara Merawat Lantai Kayu Agar Awet Hingga Puluhan Tahun Lamanya

Lantai kayu dan lantai vinyl dalam belakangan ini cukup populer sebab tampilan yang indah di dapat dari warna dan motif kayu pada permukaannya.

Agar lantai kayu dan lantai vinyl pada hunian anda tetap terjaga nilai keindahannya. Oleh sebab itu untuk membersihkan lantai ini perlu anda perhatikan seperti :

  • Hal yang pertama untuk membersihkan lantai kayu dan lantai vinyl, persiapkan peralatan yang harus anda lakukan seperti kain pel, lap kering, sapu / vacum cleaner dengan daya rendah.
  • Langkah keduanya yaitu merapikan barang-barang pada bagian ruangan yang akan dibersihkan terlebih dahulu.
  • Untuk membersihkan debu yang menempel pada permukaan lantai kayu, anda dapat menggnakan sapu ataupun vacum cleaner dengan daya rendah. Ttujuan menggunakan vacum dengan daya rendah, agar pada saar membersihkannya tidak merusak permukaan lantainya.
  • Gunakan kain pel, perlu anda ingat karena sifat lantai kayu tidak memiliki daya tahan dari air sehingga untuk mengepelnya sebisa mungkin jangan sampai terlalu basah. Jika tidak, lambat laun permukaan lantai kayu dapat kusam.
  • Bagaimana jika terkena noda membandel yang susah dihilangkan ?. Anda tidak perlu hawatir, cobalah pergunakan cairan lemon dan ambilah lap kering yang telah diberi cairan lemon tersbut, barulah anda menggosokan pada bagian yang mendapati noda. Cairan lemon selain bermanfaat bagi kesehatan, bisa juga dipergunakan dalam membersihkan lantai kayu.
Dalam membersihkan lantai kayu setelah anda mengepelnya, permukaan lantainya akan sedikit kesat sehingga hal ini memberikan keuntungan untuk anda karena sifatnya yang aman dan nyaman dengan tambahan permukaan yang empuk.

Jika kita bandingakan dari beberapa jenis lantai tersbut memiliki perbedaan bukan dalam membersihkannya ?. Oleh karena itu dalam hal membersihkan lantai perlu anda ketahui juga, jenis lantai apakah yang anda pergunakan.

Dengan demikian dalam pembahasan kali ini mengenai cara membersihkan lantai rumah agar terhindar dari berbagai macam penyakit dan juga memberikan keindahan yang lebih terhadap bangunan rumah anda, sehingga memudahkan anda dalam membersihkan lantai rumah.

No comments for "Cara Membersihkan Lantai Rumah, Berdasarkan Tipe Lantai Anda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel