Kenali beragam jenis-jenis lantai kayu

kenali beragam jenis-jenis lantai kayu

Sebelum mengenali jenis-jenis lantai kayu perlu di pahami juga apa itu lantai kayu ?..Lantai kayu atau biasa juga disebut parket dengan bahan dasarnya kayu yang diambil dari jenis pohon yang berkualitas dengan dilihat segi kekuatan dan ketahanan yang baik, dengan seiringnya waktu perkembangan jaman yang dilengkapi teknologi memadai sehingga lantai kayu memiliki beragam jenisnya sesuai dengan penerapan yang akan digunakan pada jenis lantai kayu tersebut.

Perlu anda ketahui juga tidak semua jenis kayu dapat diolah untuk dijadikan lantai kayu, hanya jenis-jenis kayu yang berkualitas baik dari segi tingkat kekerasan dan keawetannya, berikut ulasan jenis-jenis kayu yang dipergunakan sebagai lantai kayu.

Jenis-jenis kayu

Kayu Jati

kayu jati merupakan tumbuhan yang tersebar ke berbagai daerah yang mempunyai iklim muson, pohon jati akan tumbuh dengan baik jika memiliki kontur tanahnya dengan curah hujan 1200-200mm/tahun atau daerahnya mempunyai suhu sekitar 27-36o celcius. pohon jati pun memiliki karakteristik batang pohonnya yang lurus. kayu jati memiliki banyak keunggulan salah satunya termasuk kayu golongan dengan kekuatannya kelas I dan keawetannya kelas II, tahan akan perubahan cuaca yang buruk. kayu jati juga mempunyai beragam warnanya seperti coklat tua,coklat muda, dan coklat keabu-abuan.                     

Kayu Ulin

Tumbuhan asli Indonesia, memiliki ketinggian sekitar 30-35m dengan diameter 60-120cm  dan mempunyai batang yang lurus sehingga phon ulin juga memiliki tingakat kekerasannya kelas I dan keawetannya kelas I karena termasuk kategori jenis pohon berkualitas baik, pohon ulin banyak dimanfaatkan juga sebai olhan furniture.




Kayu Merbau

kayu merbau juga masuk katergori golangan penghasil kayu keras dengan tingakt kekerasan kelas I dan keawetan kelas II dengan mempunyai tinggi pohon sekitar 50m dan tersebar juga di daerah-daerah Indonesia seperti Maluku dan Papua. Pohon merbau juga biasa digunakan sebagai bahan olahan furniture.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai memiliki kekuatan dan keawetan kelas I dan II.
Sama halnya dengan jenis-jenis kayu keras lainnya yang berkualitas baik.
Olahan dari kayu bengkirai biasanya dipergunakan sebagai olhan bahan decking. karena cocok dipergunakan pada area outdoor.




Dari janis-jenis kayu diatas yang berkualitas baik adapun proses pengerjaan untuk dijadikan lantai kayu yaitu setalah pohonnya diambil lalu di potong-potong sesuai kebutuhan lalu dikeringkan dengan cara menggunakan oven khusus atau di jemur dengan paparan sinar matahari agar kadar air yang terdapat didalamnya berkurang.

Jenis-jenis pohon tersebut juga memiliki tingkat penyusutan yang rendah sehingga tingkat kerusakannya juga kecil bahkan jarang sekali.

Dari olahan kayu-kayu berkualitas baik dan diproses dengan pengerjaan yang profesional untuk menghasilkan olahan jenis lantai kayu yang berkualitas baik.

Lantai kayu mempunyai ragam jenisnya, diantaranya :

  • Parket Solid
  • Parket Laminate
  • Parket Engineering

Dari jenis-jenis lantai kayu tersebut dipergunakan sesuai penempatan dan kebutuhan dalam bangunan rumah anda.

Jenis-Jenis Lantai Kayu

   1. Parket Solid

jenis-jenis lantai kayu
Parket solid merupakan jenis lantai kayu yang menggunakan bahan dasarnya kayu asli dan di ambil langsung tanpa ada campuran bahan lain atau bisa dikatakan 100% murni sehingga jenis ini memiliki kualitas yang paling baik diantara jenis lainnya.

Disamping itu juga parket solid sudah memenuhi syarat SNI untuk dipergunakan sehingga dapat dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama.

Untuk penggunaan parket solid sering digunakan pada bangunan rumah salah satu contonya yang biasa diterapkan pada area ruang tamu,kamar tidur dan dapur karena memiliki kualitas yang baik.

 2. Parket Laminate

jenis-jenis lantai kayu
Parket laminate
yang bahan dasarnya menggunakan material serbuk kayu berjenis HDF ( high density fiberboards ). Untuk jenis HDF termasuk yang berkualitas paling baik dari jenis serbuk kayu lainnya.

Ada juga jenis-jenis serbuk kayu, diantaranya :
jenis-jenis lantai kayu
  1. LDF ( low density fiberboards ) kualitas rendah.
  2. MDF ( medium density fiberboards ) kualitas sedang.
  3. HDF ( high density fiberboards ) kualitas yang baling baik.
Parket laminate karena ada bahan campuran dari serbuk kayu berjenis HDF kualitasnya sendiri kalah dengan jenis parket solid, akan tetapi parket laminate mempunyai nilai lebih dengan parket solid dilihat dari segi harganya yang terjangkau.

 3. Parket Engeered

jenis-jenis lantai kayu

Parket engeered
berbahan dasar kayu dari olahan gabungan antara parket solid dan parket laminate sehingga parket engeered mempunyai kualitas yang baik.

Kenapa di buat parket engeered ?.. pada mulanya pembuatan parket engeered untuk meminimalisir pengolahan lantai kayu yang berbahan dasar kayu.

Akan tetapi jenis parket engeered susah untuk didapatkan karena dari segi pembuatannya yang memakan waktu lama.

Apakah lantai kayu bisa dipergunakan ditempat area outdoor ?......

Lantai kayu bisa juga diaplikasikan pada area outdoor sesuai jenisnya.
karena lantai kayu di rancang dalam pembuatannya untuk area indoor dan outdoor agar tidak mengurangi nilai keindahan pada bangunan rumah.

  4. Decking

jenis-jenis lantai kayu

Menggunakan jenis Decking karena memiliki ketebalan yang lebih tebal dibandingkan lantai kayu lainnya dan mempunya ciri khas pada fisiknya yaitu mempunyai garis-garis panjang pada permukaannya bertujuan untuk penempatan area outdoor yang memiliki perubahan cuaca yang buruk dan paparan sinar matahari selain itu juga bertujuan untuk agar permukaan lantai tidak licin sehingga aman saat menggunakannya.

Jenis-jenis kayu yang di pergunakan untuk decking :
  • Decking kayu Ulin
  • Decking kayu Merbau
  • Decking kayu Keruing
  • Decking kayu Bengkirai
Memang tidak dipungkiri lagi bukan jenis decking sangatlah cocok dipergunakan pada area outdoor karena memiliki kekuatan yang berkualitas baik dan mudah untuk penerapannya.

Dalam penerapannya sendiri biasa ditempatkan seperti di area tepi kolam renang, dijadikan pagar, dan halaman taman pada bangunan rumah anda bahkan bisa juga loh digunakan sebagai hiasan dinding luar bangunan rumah.

Disamping itu juga perlu anda ketahui lantai kayu memiliki beberapa keunggulan pada bangunan rumah seperti terciptanya nuansa alam yang di dapat dari jenis kayu tersebut, terciptanya suatu nilai artistik pada bangunan anda, dan terlebih membuat bangunan anda menjadi tampil lebih mewah dan juga elegan.

Bahkan lantai kayu memiliki nilai investasi pada bangunan rumah yang dapat menaikan harga jualnya, itu karena bahan baku yang dipergunakan didapati langsung dari alam, selain itu juga membuat tampilan rumah memiliki ciri khas tersendiri atau lebih tepatnya membedakan pada bangunan lain yang tidak menggunakan olahan lantai kayu.

No comments for "Kenali beragam jenis-jenis lantai kayu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel