Mengenal Kayu Jati

 

Mengenal Kayu Jati

Mengenal kayu jati - Negara Indonesia menjadi termasuk ke dalam deretan negara penghasil kayu terbesar di dunia. Hasil produksi kayu indonesia sebagian besar diperoleh dari hutan tropis yang terletak di kepulauan Kalimantan, Sumatera dan Papua.

Sudah banyak jenis kayu yang sudah di produksi oleh negara Indonesia ini, salah satu jenis kayu yang hampir sering di produksi yaitu jenis kayu jati.

Sebelum membahas inti dari kayu jati, alangkah baik kita mengetahui secara singkat saja sejarah kayu jati di Indonesia, agar dapat menambah sedikit wawasan kita mengenai kayu jati ini.

Sejarah kayu jati di Indonesia

Pulau jawa menjadi salah satu pulau yang pertama kali mengenal kayu jati pada abad ke 2 oleh penyebar agama hindu. Perkebunan kayu jati pertama di Indonesia dipercaya berlokasi di Bojonegoro dan Madiun pada abad ke 13 pada tahun 1963.

Dan seiring berjalannya waktu, kayu jati mulai menyebar luas ke berbagai daerah di indonesia. Walaupun ada beberapa daerah yang tidak bisa di tanamkan pohon jati dikarenakan faktor tanah yang tidak mendukung. 

Perusahaan hutan indonesia (Perhutani) menjadi salah satu perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah dalam penanggung jawaban pengelolaan perkebunan kayu jati.

Pohon jati

Perhutani Pohon jati

Pohon jati dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah, tempat yang cocok untuk pertumbuhan pohon jati adalah tanah yang tidak digenangi atau di banjiri oleh air.

Jenis pohon ini dapat tumbuh menjulang tinggi mencapai 30-40m, memiliki batang yang lurus dan berdaun besar.

Keunikan dari kayu jati ini terdapat pada daunnya yang berbentuk elips yang lebar mencapai 30-60cm saat pohon ini tumbuh dewasa.

Akan tetapi bila memasuki musim kemarau, daunnya tidak akan tumbuh dikarenakan daerah yang panas daun akan berguguran, dedaunan akan muncul bila telah memasuki musim hujan.

Karakteristik pohon jati 

Karakteristik kayu jati

Pada bagian inti kayu jati berwarna coklat padat serta memiliki serat yang padat juga, sedangkan pada bagian tengah berwarna coklat yang disertai warna putih, dan yang terakhir bagian luarnya berwarna putih dengan serat yang tidak beraturan.

Pohon jati memiliki kandungan minyak, yang dimana kandungan minyak tersebut berperan sangat penting untuk ketahanan dan keawetannya.

pohon jenis ini pun mampu bertahan dari pembusukan akibat udara yang lembab, serta mampu bertahan dari serangga dan jamur.

Tingkat kualitas berdasarkan kelas:

Kelas
Kelas
Awet
I dan II
Kuat
I dan II

Manfaat pohon jati

 

Manfaat kayu jati

Manfaat dari pohon jati tentu sangat beragam,mulai dari bermanfaat untuk kesehatan hingga bermanfaat untuk bahan bangunan seperti kontruksi dan interior.

Para peneliti telah menyampaikan bahwasanya daun dari pohon jati sangat berkhasiat yang mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti:

  • Membantu mengobati cacingan
  • Mengurangi gejala asma
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Dapat merangsang pertumbuhan rambut
  • Dan dapat dijadikan untuk perawatan kulit
Tidak hanya itu, pohon jati pun bermanfaat juga sebagai bahan material kontruksi, dekorasi dan interior
seperti:
  • Dijadikan lantai kayu
  • Dijadikan penutup dinding, atap dan papan tangga
  • Dan dapat dijadikan bahan furniture seperti jendela, kusen, pintu, meja

Produk kayu jati 

 Produk dari kayu jati terdiri dari:

Jual parket kayu jati
Ukuran:
  • 1,2 x 5 x 20cm
  • 1,2 x 5 x 25cm
  • 1,2 x 5 x 30cm
Produk lantai kayu ini terbagi menjadi 3 bagian atau grade, seperti:
  • Grade A
Grade A ini adalah bagian inti dari log kayu jati yang memiliki kualitas yang sangat bagus dengan warna coklat padat dan memiliki serat yang pada juga.
  • Grade B
Sedangkan grade B ini adalah bagian tengah dari log kayu jati dengan kualitas yang cukup baik, warna yang dimiliki grade B ini berwarna coklat dengan disertai warna putih.
  • Grade C
Dan yang terakhir yaitu grade C, bagian dari grade C ini adalah bagian terluar dari log kayu jati dengan warna putih yang hampir menyeluruh.


Jual flooring kayu jati

Produk selanjutnya yang dimiliki kayu jati yaitu Flooring, produk ini fungsinya sebagai bahan penutup lantai.

Flooring ini terbagi menjadi 2 ukuran yang terdiri dari:

  • Mini flooring kayu jati dengan ukuran 1,2 x 7 x 30-60cm
  • Flooring jumbo kayu jati dengan ukuran 1,5 x 12 x 30-90cm
 
Jual papan tangga kayu jati

Tidak hanya sebagai penutup lantai, tetapi kayu jati juga bisa di jadikan sebagai bahan papan tangga. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai desain rumah yang alami dengan menggunakan papan tangga kayu jati sebagai bahan penutup lantai tangga.


Dan yang terakhir produk yang dimiliki kayu jati yaitu Plint, Produk ini fungsinya sebagai penutup tepi pada lantai.

Produk ini sangat bagus untuk menambah kesan estetika pada sebuah ruangan, dan memiliki harga yang cukup terjangkau.

*Kesimpulan

Kayu jati memang sudah di kenal oleh masyarakat sejak zaman dahulu, bahkan sampai saat ini pun kayu jati menjadi jenis kayu pilihan terbaik berkat kualitasnya yang cukup tinggi.

Produk yang dihadirkan dari kayu jati pun sangat beragam dan memiliki harga yang bermacam-macam, dari yang termurah hingga yang termahal sekalipun. Perlu diketahui bahwa, harga menentukan segi kualitas kayu jati.

*Penutup

Itulah dia informasi seputar kayu jati yang dapat kami sampaikan, Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat. Sekian dan Terimakasih

No comments for "Mengenal Kayu Jati"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel