Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Karakteristik Kayu Merbau


 Wilayah Indonesia terdiri dari lautan dan daratan yang memiliki beragam flora dan fauna, salah satu jenis flora atau tumbuhan yang akan kita bahas kali ini memiliki beragam manfaat memiliki kualitas yang cukup tinggi.

Hutan di wilayah Indonesia ini sangat lah luas dan melahirkan tumbuhan-tumbuhan yang beragam, hampir setiap jenis tumbuhan yang kita kenal terdapat dan tumbuh subur di Indonesia ini.

Salah satunya jenis tumbuhan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu:

Kayu Merbau

Pohon merbau

Kayu merbau merupakan sejenis pohon yang tumbuh di kawasan negara Africa timur hingga india selatan dan menyebar luas hingga ke kawasan Asia, kini habitat asli dari pohon merbau mulai terkikis dan yang tersisa terdapat di pulau New guinea yang tak lain terdapat di wilayah Papua dan Irian jaya barat.

Pohon yang menjadi ciri khas dari Indonesia ini bisa tumbuh menjulang tinggi mencapai 50m dengan batang bebas cabang mencapai 20m.

Masyarakat di wilayah Papua menyebut kayu ini dengan julukan "Kaki Besi", sebab kayu ini memiliki kualitas yang cukup tinggi. Dimulai dari tingkat keras hingga tingkat keawetannya yang sudah terbukti.

Kayu merbau ini mulai populer berkat kualitasnya, maka tak heran jika penggunaan kayu ini sering kali di gunakan sebagai bahan kontruksi berat.

Karakteristik kayu merbau

Karakteristik kayu merbau

Karakateristik dari kayu merbau ini terdapat pada warnanya yang unik, yaitu warna coklat kemerah-merahan terkadang disertai highlight warna kuning.

Warna kayu merbau ini sangatlah mirip dengan kayu jati, ini menjadi suatu keuntungan bagi Anda yang ingin memasang Lantai kayu jati tetapi minim budget.

Tidak hanya warna, tetapi dari segi kualitas pun hampir sama dengan kayu jati. Maka tak heran jenis kayu ini sering sekali di gunakan sebagai bahan kontruksi dan interior.

Keunggulan kayu merbau 

Keunggulan yang terdapat pada kayu merbau ini antara lain yaitu:

  • Memiliki tingkat kekerasan yang tinggi dan stabil
  • Memiliki tingkat keawetan yang cukup baik.
  • Telah teruji mampu mengeluarkan ION negatif, baik untuk kesehatan.
  • Mampu bertahan dari serangan hama seperti serangga dan rayap.
  • Memiliki tekstur yang kasar, tetapi jika diraba akan terasa licin dan halus.
  • Tingkat penyusutan yang rendah.
  • Harga jual yang cukup terjangkau.
Tingkat Kualitas
Kelas
Kuat
I dan II
Awet
I dan II

Selain keunggulan yang terdapat pada kayu merbau ini, terdapat juga manfaat lainnya seperti:

Manfaat pohon merbau untuk kesehatan

obat tradisional dari kayu merbau

Pohon merbau ini bisa di jadikan bahan obat tradisional, bahan dari pohon merbau yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional terdapat pada minyak serta daun merbau itu sendiri.

Manfaat pohon merbau untuk bahan kontruksi dan interior

Selain bermanfaat sebagai obat tradisional, pohon merbau juga bermanfaat baik untuk kontruksi maupun interior seperti:

Lantai kayu
 

Pemanfaatan kayu merbau yang tepat dan cocok antara lain sebagai bahan material penutup lantai, sebab kayu ini memiliki warna yang unik yang tampak terlihat elegan ketika sudah terpasang. Sangat cocok bagi Anda yang suka dekorasi rumah yang bertema alami.

papan tangga

Selain fungsinya sebagai bahan penutup lantai, akan tetapi pemanfaatan kayu merbau juga sangat cocok bila dijadikan pijakan papan tangga.

Jual Decking kayu merbau
 Hal unik lainnya dari pemanfaatan kayu merbau ini antara lain sebagai decking tepi kolam renang, dikarenakan kayu merbau mempunyai kualitas yang cukup tinggi maka kayu merbau pun mampu bertahan di luar ruangan dan sangat cocok jika di pasangkan pada tepi kolam renang.

Dan kayu merbau pun sering kali digunakan sebagai bahan furniture lainnya seperti:

bahan furniture kayu merbau

 

Hasil pemasangan lantai kayu

*Kesimpulan

Kayu merbau menjadi daya tarik masyarakat, sebab memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi serta memiliki karakteristik yang unik. Hal inilah yang membuat kayu merbau memiliki harga yang terbilang cukup tinggi.

Serta proses pengerjaannya pun cukup sulit, sebab memiliki tingkat kekerasan yang tinggi dan membutuhkan tenaga kerja yang sudah berpengalaman.

*penutup

itulah dia pembahasan seputar kayu merbau, semoga artikel ini membuat Anda menambah wawasan dan bermanfaat untuk keperluan lainnya. Akhir kata kami ucapkan, Sekian dan Terimakasih.

Post a Comment for "Mengenal Karakteristik Kayu Merbau"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel