Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desain Rooftop Yang Dapat Membuat Rumah Anda Terlihat Elegan

Rooftop garden salah satu konsep dalam mendekorasi yang sering dilakukan bagi sebagian orang, dengan memiliki bangunan bertingkat karena untuk konsep ini terdapat banyak manfaat yang di hasilkan, mulai dari membangun ruang hijau untuk rumah, membuat tampilan terlihat natural, membuat suasanan rumah menjadi sejuk, dan lain sebagainya.

Dengan seiringnya waktu rooftop garden kerap dimanfaatkan abgi sebagain orang untuk berbisnis, sebab tidak hanya digunakan sebagai taman atap rumah saja melainkan juga bagi pemilik restoran dan juga perhotelan telah menggunakan konsep ini agar dapat mempunyai daya pikat tersendiri.

Pengertian rooftop garden

Roof top garden sebenarnya bukan hal baru, sebab sebelumnya taman di atas atap ini sudah ada lebih dulu di restoran atau hotel. Menghadirkannya di rumah pribadi tentu akan menjadi hal yang menarik. Sehingga kita bisa bersantai di sana sambil menikmati suasana sekitar atau memandang bintang di malam hari dari atas rumah.

Baca Juga : Dekorasi Ruang Keluarga Dapat Menciptakan Keharmonisan

Rooftop garden bisa berfungsi untuk apa saja. Mulai dari untuk bercocok tanam, berkumpul dengan keluarga, bersantai, menonton film dan lain sebagainya. Jika tertarik, yang perlu Anda pikirkan tentu saja seperti apa desain yang Anda inginkan. Berikut adalah referensi desain rooftop garden yang bisa Anda jadikan ide untuk merancang taman di atas atap.

Inspirasi Desain Rooftop Garden

Desain Rooftop Garden Dengan Konsep Sederhana

Desain yang pertama bisa anda terapkan dengan mengusung desain sederhana ini memang bisa dikatakan cukup mudah dalam penerapannya disamping itu juga tidak menghilangkan kesan keindahannya.

Dengan begitu desain tersebut bisa menjadi solusi bagi anda untuk penerapkannya, sehingga tampilan bangunannya dapat membuat lebih indah bukan dengan rooftop garden tersebut.

Hiasan Lampu Dapat Diaplikasikan Pada Rooftop Garden

Desain rooftop yang memakai hiasan lampu-lampu, dengan tampilan ini pada saat anda pergunakan dimalam hari dapat membuat suasan yang indah dan juga sedikit cerah.

Disamping itu juga jika dilihat dari sudut manapun tampilan bangunan anda di bagian atasnya memiliki pencahayan yang berarti terdapat ciri khas tersendiri pada bangunan lain yang tidak memiliki rofftop garden.

Desain Ini Bisa Diterapkan Bagi Anda Yang Memiliki Si Buah Hati

Nah itu yang satu ini bagi anda yang sudah berkeluarga dan juga sudah memiliki anak bisa juga nih desain ini dipergunakan selain memiliki tampilan yang indah dan juga segar karena masih memakai tumbuhan hijau. Dapat juga membuat anak anda lebih ceria dan juga bahagia saat sedang beraktifitas bermain.

Baca Juga : Rekomendasi Lantai Terbaik Untuk Rumah

Akan tetapi perlu anda ketahui juga ya, dalam konsep ini memikirkan juga pembatas bangunannya pada bagian setiap sisinya agar anak anda aman dan anda juga tidak hawatir lagi untuk memikirkan anak anda yang sedang cerianya saat bermain.

Mengusung Alat Masak Pada Rooftop Garden Memberikan Nilai Tersendiri

Desain rooftop yang memiliki alat-alat memasak, ingin juga rasanya memasak di area outdoor terlebih memiliki tampilan yang indah dari sudut manapun juga.

Apa lagi pada saat anda sedang bersantap menikmati hidangannya akan terasa nyaman dan lebih menikmati hasil masakannya bukan. Oleh karean itu desain ini cocok sekali bagi anda yang gemar memasak.

Menggunakan Bahan Rumput Sintetis, Dapat Mempermudah Dalam Penambahan Interiornya

Kebanyakan orang memanfaatkan rooftop sebagai taman yang dihiasi tanaman hidup. Tentu saja hal ini membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra supaya tanaman yang ada tetap tumbuh dengan baik.

 Jika Anda tidak memiliki waktu untuk merawat tanaman namun tetap ingin memiliki rooftop bernuansa hijau, manfaatkan rumput sintetis.

Sekilas rumput sintetis terlihat seperti rumput asli. Dan keuntungannya rumput ini tidak membutuhkan perawatan rutin. Sehingga tidak akan memberatkan tugas Anda nantinya.

Itulah beberapa inspirasi dalam mendesain rooftop garden. Lalu apakah ada tips dalam mendesain rooftop garden ?. Tentunya hal tersebut ada, untuk menjawabnya. Anda dapat mengikuti terus ulasan yang satu ini.

Tips Dalam Mendesain Rooftop Garden

Merancang Rooftop garden bisa dibilang susah-susah gampang. Ada beberapa poin penting yang perlu Anda pelajari. Berikut kami jelaskan beberapa hal yang harus Anda catat.

Mempertahankan Tampilan Terbuka

Ciri khas dari rooftop garden adalah tampilannya yang terbuka. Sehingga kita bisa melihat pemandangan di sekitar dengan lebih jelas. Akan lebih baik jika Anda memilih pagar kaca transparan daripada pagar besi, railing, atau pagar tanaman. Sehingga kesan terbuka tetap terasa kental.

Memberikan Peneduh

Karena berada di atas rumah, maka tantangan terbesarnya adalah saat musim hujan tiba. Untuk itu Anda bisa menambahkan peneduh seperti payung, kanopi atau material kreatif lainnya yang bisa melindungi salah satu area di rooftop garden. 

Anda juga dapat memberikan nilai estetik dan juga tampilan elegan dengan menggunakan bahan material kayu yaitu decking.

Baca Juga : Jenis Kayu Terbaik Untuk Dermaga Dengan Nilai Artistik

Decking kayu merupakan bahan yang bisa digunakan sebagai penambah interior rooftop garden. Itu semua didapat dari hasil motif dan warna kayu yangdimilikinya. Terlebih daya tahan berkualitas tinggi yang mampu bertahan pada lingkungan outdoor

Memilih Jenis Tanaman

Memilih jenis tanaman yang tepat juga penting untuk dilakukan. Sebab jenis-jenis tanaman sangat beragam, sehingga perlu disesuaikan dengan kondisi rooftop. Tidak hanya itu, juga perhatikan media tanam yang cocok dengan rooftop. Atau Anda bisa meminta saran akan hal ini dari orang yang sudah ahli.

Jika kita simpulkan dari uraian penjelasan di atas, rooftop garden memang memberikan banyak manfaat, mulai dari tampilan, nyaman, hingga kesehatan pun dapat diperoleh dari rooftop garden. Sehingga dengan anda mengtahui hal ini dapat memberikan kemudahan untuk mengapliaksikan rooftop garden pada hunian anda.

Post a Comment for "Desain Rooftop Yang Dapat Membuat Rumah Anda Terlihat Elegan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel