Begini. Cara Memperbaiki Lantai Kayu Yang Rusak, Sesuai Aturanya

Cara Memperbaiki Lantai Kayu —  Pernah tidak sih terpikirkan oleh anda, jika mempunyai lantai kayu yang rusak dan tampilannya pun tidak menarik lagi ?. Mungkin bagi sebagian orang hal tersebut jarang sekali terpikiran, dikarena lantai kayu memiliki sifat durabilitas yang baik. 

Akan tetapi jangan di anggap sepele, sebab jika terjadi kerusakan sewaktu-waktu, hal itu dapat membuat anda kerepotan.

Oleh karena itu dalam hal mempergunakan lantai kayu, cobalah memperhatikan sewaktu anda melangkahkan kaki pada permukaan-nya, apakah terdapat hal-hal yang beda, seperti goresan, lantai melengkung, dan lain sebagainya.

Karena biasanya lantai kayu yang mengalami kerusakan, terdapat tanda-tanda peringatan pada lantai kayu seperti :

  • Terdapat keretakan pada permukaan lantai kayu.
  • Warna pada lantai kayu mulai kusam.
  • Lantai kayu terangkat, biasanya hal ini terjadi karena kelembapan.
  • Memuai atau melengkung.

Sehingga dalam mempergunakan lantai kayu, sebelumya kita perlu mengtahui lebih detail hal apa saja yang dimiliki oleh lantai-nya, contohnya keunggulan, kelemahan, perawatan, pemasangan, dan yang terpenting cara perbaikan lantai kayu.

Dalam penggunaan lantai kayu terutama jika terjadinya kerusakan kita perlu memahami teknik dan cara-nya. kenapa demikian ?, sebab lantai kayu sendiri memiliki beberapa tipe seperti lantai kayu solid dan lantai kayu laminate.

Baca Juga : 3 Jenis Lantai Kayu Tempel Berkualitas Tinggi

Dikarenakan setiap tipe lantai kayu memiliki perbedaan dalam penggunaan bahan dasarnya sehingga jika terjadi kerusakan pada lantai kayu pun penangannya berbeda-beda, seperti penjelasan dibawah ini,  mengenai cara perbaikan lantai kayu berdasarkan tipe produk-nya.

Cara Memperbaiki Lantai Kayu Berdasarkan Tipe Produk

Sebelum anda mengetahui lebih dalam cara perbaikan pada lantai kayu. Perlu anda ketahui kerusakan apa yang menyebabkan lantai kayu rusak, contohnya kerusakan lantai kayu yang disebabkan terkena goresan, warna menjadi kusam, timbuhnya jamur, dan mengalami keretakan yang disebabkan benda atau barang tertentu.

Cara Memperbaiki Lantai Kayu Laminate

Lantai laminate atau biasa disebut juga parket laminate yaitu tipe produk yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari HDF atau hight density fiberboards yang mana permukaannya hanya di lapisi plastik printing motif kayu dan laminating.

Kersakan yang terjadi pada parket laminate biasanya banyak kasus kerusakan yang diakibatkan lapuknya pada lapisan HDF karena lantai terlalu lembab atau karena terlalu sering terkena air. Selain itu kerusakan mungkin terjadi karena mengelupasnya lapisan laminating yang disebabkan gesekan-gesekan benda.

JIka anda mendapati kasus kerusakan seperti penjelasan tersebut , maka tidak ada cara lain untuk memperbaikinya selain di ganti dengan yang baru sesuai banyaknya kerusakan pada permukaanya. Karena lantai laminate terdapat nilai kelemahannya yang dimana susah untuk diperbaiki jika terjadi kerusakan.

Baca Juga  : Cara Memasang Lantai Kayu Laminate

Akan tetapi untuk membeli lantai kayu laminate baru perhatikan jenis yang anda pergunakan pada hunian anda, sebab dalam membelinya anda perlu menyesuaikan kesamaan motif dan warna pada hunian anda, agar memiliki keselarasan.

Disamping itu juga dalam memperbaiki lantai laminated bisa dikatakan mudah-mudah susah, maka dalam melakukan pembongkaran dan memasang lantai laminate perlu berhati-hati agar permukaan lantai laminated tidak mengalami kerusakan yang lebih fatal sehingga dapat mempermudah anda mengganti degan yang baru

Lalu bagaimana cara memperbaiki lantai kayu solid ?..

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda dapat mengikuti terus ulasan yang kami berikan dalam penjelasan, dibawah ini.

Cara Memperbaiki Lantai Kayu Solid

Jika kita telah mengetahui cara memperbaiki parket laminate. Nah untuk memperbaiki lantai kayu solid, anda dibutuhkan ketelitan dalam hal memperbaikinya.

Penanganan pertama jika terjadi kerusakan pada lantai kayu solid maka terlebih dahulu perlu dilihat seperti apa tingkat kerusakan yang dialaminya. Jika hanya tergores maka cara memperbaikinya cukup dengan diamplas di bagian yang tergores tersebut lalu di varnish ulang dengan menggunakan bahan finishing lantai yang bisa anda beli di toko-toko bangunan.

Untuk proses penghamplasan perlu anda perhatikan dengan teliti dalam melakukannya, jangan sampai menggosok dengan hampelas yang terlalu kasar cukup mengggunakan amplas halus. 

Disamping itu juga jangan menggosok terlalu lama serta terlalu keras karena bisa menyebabkan lantai kayu menjadi cekung terlalu dalam yang membuat permukaannya tidak rata dengan parket lama.

Setelah itu barulah ke tahap finishing dengan cara mengoleskan dengan cairan varnish. nah pada tahap ini anda perlu memperhatikan jenis warnanya agar dapat menyesuaikan waran sebelumnya sehingga akan terlihat lebih sempurna.

Cara memperbaiki lantai kayu terbilang susah-susah gampang, namun dengan anda telah mengetahui bagaimana cara penanganan jika terjadi kerusakan, dapat memudahkan anda dalam mempergunakan lantai kayu.

Bagaimana Jika Mengganti Dengan Yang Baru ?.

Bagian lantai yang rusak parah harus dilepas dan diganti dengan yang baru. Ini biasanya melibatkan memotong ,mencongkel bagian dari lantai kayu, menempelkan atau memaku pengganti ke subflooring, mengisi retakan agar sesuai, mengampelas permukaan, dan memoles ulang.

Jika Anda tidak berpengalaman dengan jenis pekerjaan ini, sebaiknya menyewa tenaga ahli dalam melakukannya sebab jika tidak anda akan menemukan bagian tersulit seperti mendapatkan potongan baru untuk mencocokkan dengan yang lama. 

Pekerjaan ini biasanya paling baik diserahkan kepada profesional lantai kayu . Pewarnaan dan finishing untuk mendapatkan perbaikan agar sesuai dengan lantai yang ada mungkin memerlukan lebih banyak pekerjaan dan waktu daripada perbaikan itu sendiri.

Sehingga dapat kita simpulkan untuk lantai kayu solid dalam penangannya sebaiknya diserahkan langsung pada tenaga profesional yang telah berpengalaman cukup lama, sehingga dapat memudahkan anda dalam memperbaiki lantai kayu. 

Lalu bagaimana untuk menghindari terjadinya kerusakan pada lantai kayu ?. Untuk hal ini biasanya perawatan lah yang perlu kita jaga. Atau juga pada penjelasan yang satu ini.

Tips Menghindari Terjadinya Kerusakan Pada Lantai Kayu 


Untuk menghindari terjadinya kerusakan lantai kayu, pada dasarnya sama halnya dengan jenis lantai lainya. Lantai kayu pun memerlukan perawatan yang harus dilakukan dengan rutin. Sebab lantai kayu lambat laun akan memudar dari segi warnanya jika tidak di rawat secara teratur.

Selalu menjaga kebersihan pada lantai kayu

Dalam segi menjaga lantai kayu agar terhindar dari terjadinya kerusakan, hal yang pertama bisa anda lakukan dengan cara menjaga kebersihannya. Tujuannya untuk membersihkan debu-debu atau pun noda yang menempel pada permukaan lantai kayu agar tetap menjaga keindahannya.

Perhatikan dalam penggunaan barang-barang yang ditempatkan pada permukaan lantai kayu

Biasanya dalam mempergunakan lantai kayu, kita akan terlupakan oleh penempatan barang-barang, mengapa demikian ?. karena terdapat barang-barang yang dapat menyebakan kerusakan pada lantai kayu. Contoh halnya seperti permukaan meja yang tajam atau pun yang memiliki beban yang berlebih.

Hal itu lah yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada lantai kayu seperti permukaannya tergores dan juga mengalami retak. Nah jika terjadi seperti itu, dapat merepotkan bagi anda. Oleh sebab itu bagi anda yang menggunakan lantai kayu perhatikan juga hal ini, agar terhindar dari kerusakan.

Hindari Paparan langsung sinar matahari

Tips yang terakhir yaitu bagi anda yang menggunakan lantai kayu berjenis indoor, sebisa mungkin untuk menghindari paparan secara langsung dari sinar matahari pada permukaan lantai kayu anda. Sebab jika tidak, dapat merusak lantai kayu yang menyebabkan warna menjadi kusam bahkan hingga terjadinya pelapukan.

Jika anda masih bingung, anda dapat melihat tautan yang terkait dalam hal menjaga kualitas lantai kayu pada hunian anda.

Baca Juga : Cara Merawat Lantai Kayu Agar Awet Hingga Puluhan Tahun 

Itulah penjelasan cara memperbaiki lantai kayu mengalami kerusakan, sesuai dengan tipe produk yang dimilikinya. Sehingga dapat kita simpulkan pula hal yang terpenting ialah bagaimana cara untuk menghindari terjadinya kerusakan yaitu dengan cara merawat lantai kayu dengan rutin.

No comments for "Begini. Cara Memperbaiki Lantai Kayu Yang Rusak, Sesuai Aturanya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel