Ternyata Cara Memasang Lantai Kayu Laminated Cukup Mudah

Penutup lantai rumah dengan menggunakan jenis lantai kayu memanglah hal yang menjadi tren dalam belakangan ini sebab terdapat tampilan natural yang didapat dari motif dan warna kayu pada permukaannya.

Dalam memasang lantai kayu memang bukanlah perkara yang bisa dikatakan mudah. Karena diperlukan perhitungan yang benar-benarmatang dan juga ketelitian  agar pemasangan lantai kayu dapat sesuai harapan bagi si pemilik hunian terlebih dapat bertahan lama juga memiliki nilai estetika yang tinggi.

Seperti salah satu contoh jenis lantai kayu solid yang benar-benar memerlukan prosedur dan tukang yang sudah ahli dibidangnya. Akan tetapi untuk jenis lantai yang satu ini dalam proses pemasangannya dapat dilakukan oleh anda sendiri dirumah. Ya kita sebut saja jenis lantai kayu laminated.

Lantai kayu laminated yang berbahan dasar serbuk kayu berjenis HDF (High Density Fiberboards) pada bagian permukaannya menggunakan alumunium oxade sebagai pelindung dan anti gores. Diolah agar mampu bertahan dan awet yang hampir memiliki kesamaan kualitas seperti lantai kayu solid.

Bagi sebagian orang yang menggunakan jenis lantai laminated meraka beralasan karena memiliki sifat yang hampir sama dengan lantai kayu asli namun dengan harga yang lebih murah dan corak yang beragam.

Namun perlu anda ketahui dibali keindahan dan harga yng terjangkau, ternyata lantai laminated dalam proses pemasangannya bisa diaktakan cukup mudah yang tadi sudah dijelaskan,.

Nah mungkin bagi anda yang ingin memprkatekannya secara langsung alangkah baiknya bisa mengikuti langkah-langkah dalam pemasangan lantai lamited yang sesuai, agar dapat mempermudah bagi anda dalam mengaplikasikannya, berikut penjelasannnya.

Langkah-Langkah Cara Pemasangan Lantai Laminated

Sebelum memasang lantai kayu laminated sebenarnya terdapat langkah-langkah yang perlu anda ingat agar nantinya pada saat mulai pemasangan dapat mempermudah dan tidak mengalami kesulitan.

Bagi anda yang akan mempraktekan pemasangan lantai kayu laminated pada hunian anda, alangkah baiknya mungkin dapat mengikuti ulasan yang saya berikan dibawah ini.

1. Mempersiapkan peralatan dan bahan yang akan dipergunakan

Dalam pemasangan lantai kayu laminated pada tahapan yang pertama anda perlu mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti :

  • Gergaji ( alat pemotong kayu )
  • Palu Besi Dan Palu Karet
  • Meteran
  • Papan Kayu ( Ukuran Kecil )
  • Pensil
  • Polyfoam

Untuk alat pemotong kayu dapat berupa mesin potong kayu ataupu  cara manual dengan menggunakan gergaji biasa. 

Palu, alat ini berfungsi sebagai memukul lantai kayu laminated, untuk cara ini disarankan memiliki palu karet agar ketika memukul-mukul lantai kayu tidak mengalami kerusakan.

Meteran berfungsi untuk mengukur lantai kayu yang akan dipotong nantinya. Karena pemotongan lantai kayu laminated yang sesuai ukuran pada saat pemasangan sangatlah penting

Papan kayu berfungsi untuk menjadi perantaran pukuran dari palu agar lantai laminated dapat terhidan dari goresan atau kerusakan.

Pensil, berfungsi sebagai menandai lantai kayu laminated agar pada saat tahap pemotongan presisi atau sempurna.

Poltfoum yang digunakan sebagai bantalan pada permukaan bawah lantai laminated, fungsi dari polyfoam disini adalah untuk melindungi lantai laminated dari kelembaban dan menambah keempukan lantai.

2. Mengukur ukuran rungan yang akan dipergunakan

Pada tahapan yang kedua ini mungkin bisa dikatakan paling penting sebab dalam pengukuran ruangan yang nantinya akan dipergunakan oleh lantai laminated haruslah susai dengan kebutuhan anda.

Tentukan ruangan mana yang akan menggunakan lantai kayu laminated dan ukur panjang dan lebar  ruangan tersebut agar ketika pembelian lantai laminated tidak kurang dan tidak terlalu berlebihan sehingga dengan begitu tidak akan memakan biaya yang lebih.

Sebelum anda melakukan pengukuran lantai bangunan di salah satu ruangan, agar terlebih dahulu jika masih terdapat barang-barang seperti lemari, meja, dan lain sebagainya. 

Haruslah dipindahkan atau lebih tepatnya mengosongkan ruangan tersebut, gunanya agar disaat anda mengukur tidak mengalami kesulitan dan kerepotan yang disebabkan barang-barang yang ada disekitar ruangan tersebut.

3. Peroses pemasangan lantai laminated pada permuakaan lantai bangunan

Setelah menghitung luas area ruangan yang akan digunakan oleh lantai laminated barulah anda dapat menghitung berapa lantai kayu laminated yang akan dibutuhkan.

Setelah itu selesai barulah selanjutnya yaitu langkah pemasangan lantai kayu laminated. Pada tahapan yang ketiga ini.

Yang pertama-tama harus dilakukan yaitu tutupi seluruh permukaan lantai yang akan dipasang lantai laminated dengan polyfoam secara merata. 

Setelah seluruh permukaan lantai telah tertutupi, barulah memulai pemasangan lantai laminated dimulai pada bagian sudut ruangan sebab bertujuan untuk memudahkan anda yang nantinya dapat mengetahui sudut lainnya pada pemasangannya.

Dalam proses pemasangan dilakukan dengan menghimpitkan bagian pengunci T&G pada lantai laminated, lebih tepatnya pada bagian samping lantai. Kemudian pukul-pukul dengan palu dengan menggunakan bantalan sehingga lantai dapat mengunci.

Setelah satu jajar lantai laminated berhasil dipasangkan, selanjutnya adalah memasang jajaran kedua laminated flooring. Namun, untuk pemasangan lantai laminated lapisan kedua, ujung jajaran kedua jangan sampai satu jajar dengan ujung lantai jajaran pertama. Hal ini dimaksudkan agar lantai menempel dengan erat dan bertujuan mengunci satu sama lain.

Oleh sebab itu dalam pemotongan lantai laminated perlu dilakukan. Namun sebaiknya sebelum memotong lantai laminated, anda harus memperhitungkan peletakan lantai tersebut. Jangan sampai pemasangan lantai yang kehilangan penguncinya. Karena anda harus benar-benar memperhitungkan peletakan lantai laminated dengan benar agar tidak salah.

Setelah itu pukul-pukul kembali lantai laminated agar mengunci pada jajaran lantai laminated pertama dan Jika anda sudah menemukan sudut ruangannya, lakukan langkah-langkah diatas sampai pemasangan lantai kayu laminated selesai. 

Pemasangan lantai kayu laminated memang bisa dikatakan gampang-gampang susah bukan. Dari aspek kemudahannya karena kita hanya tinggal menghubungkan setiap lantai laminated dan susahnya karena ketika anda salah memperhitungkan letak pemasangan lantai kayu laminated nantinya akan membuang banyak lantai laminated hal itu lah yang dapat merugikan anda.

Itulah penjelasan diatas mengenai langkah-langkah pemasangan lantai laminated, dengan anda mengetahui hal tersebut dapat mempermudah bagi anda bukan jika ingin melakukan dan mempraktekanya pada hunian anda.

No comments for "Ternyata Cara Memasang Lantai Kayu Laminated Cukup Mudah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel