Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lantai kantor yang berkualitas baik dapat meningkatkan kinerja

Jenis lantai berkualitas baik untuk kantor

Membangun sebuah kantor merupakan langkah pertama bagi para pembisnis dan pengusaha agar memiliki tempat dan menjalankan bebrbagai macam aktivitas. Dalam membangun sebuah bangunan kantor pastinya dibutuhkan perhitungan yang sangat matang dilihat dari segi ukuran luas yang akan dibangun hingga penggunaan bahan baku materialnya.

Pada umumnya desain dan konsep bangunan kantor dalam membangunnya hanya melibatkan dari segi daya tahannya saja. Namun hal itu dalam pembangunan yang di era serba digital ini berbagai cara dilakukan, para arsitek pun berfikir keras bagaimana cara membangun kantor mempunyai ciri khasnya tersendiri.

Ternyata hal itu dapat terpatahkan dengan penggunaan interior yang berkualitas baik. Dengan cara memilih bahan dasar pembuatannya yang mampu bertahan jangka panjang, tampilan yang indah, dan nyaman saat dipergunakan.

Banyak cara yang bisa di lakukan untuk penggunaan interior seperti, warna tema ruangan, bentuk ruangan, penutup lantai ruangan, dan lain sebagainya.

Berbicara penutup lantai kantor yang memiliki beberapa jenis dengan dibedakan dari bahan dasar pembuatan hingga cara peroses pembuatannya, hal ini menjadi penting karena dengan begitu maka akan terciptalah jenis lantai yang berkualitas baik, dari segi tampilan sampai daya tahan yang kuat.

Oke, disini saya akan memberikan informasi beberapa jenis lantai yang cocok dalam penggunaan bangunan kantor, simak ulasan sebagai berikut ini.

Lantai terbaik untuk kantor

Untuk memilih penutup lantai yang tepat dipergunakan pada kantor perlu memperhatikan beberapa aspek di lihat dari segi tampilan, daya tahan, dan nyaman saat dipergunakan. sebab dengan hal tersebut di pastikan penutup lantai kantor yang nantinya akan dipilih, pastinya berkualitas baik dalam segala hal. 

Untuk lebih jelasnya lagi simak ulasan yang satu ini mengenai beberapa informasi jenis penutup lantai kantor yang berkualitas baik, berikut penjelasannya.

1. Lantai keramik

Jenis lantai berkualitas baik untuk kantor

Lantai keramik sampai saat ini menjadi peran penting yang sering digunakan dalam penggunaan penutup lantai karena sifatnya yang mudah di dapat dan juga dalam penerapannya pun sudah sering dilakukan sehingga bisa dikatakan cukup mudah dalam pengerjaannya, asalkan dilakukan oleh tega profesional.

Pada umunya lantai keramik yang dipergunakan pada bangunan kantor memiliki tampilan warna dan motif netral sebab dalam hal pemilihan warna dan motif pada lantai keramik bisa dikatan penting.

Karena memilih tampilan warna dan motif yang tepat dapat mengubah suasan ruangan, misalnya jika anda mempergunakan warna yang gelap maka kesannya monoton atau terasa jenuh, sebaliknya jika anda mempergunakan warna yang cerah dapat menampilkan suasana ruangan terasa sejuk bahkan disebut-sebut dapat meningkatkan kinerja.


Sehingga dalam pemilihan warna lantai keramik pun dapat mempengaruhi suasana area ruang kerja anda.

Bagi anda yang akan menggunakan lantai keramik perlu memperhatikan penggunaan kabel-kabel sebab jika tidak akan terlihat kumuh bahkan dapat membahayakan, oleh karenannya solusi anda dapat menambah penggunaan benda seperti duct kabel, bertujuan agar kabel-kabel di area ruang kerja dapat terlindungi bahkan membuat aman disaat sedang beraktifitas.

Kelebihan yang dimiliki lantai keramik :

  • Perawatan yang mudah sehingga mudah dibersihkan jika terkena noda.
  • Tahan dari air karena tidak memiliki resapan.
  • Motif dan warna cukup beragam.
  • Harga yang cukup terjangkau.

Kekurangan yang dimiliki lantai keramik :

  • Mudah retak jika terkena benturan yang cukup keras.
  • Permukaan lantai yang cenderung dingin.
  • Licin jika terkena air.

2. Karpet

Jenis lantai berkualitas baik untuk kantor

Karpet adalah jenis penutup lantai yang dapat memudahkan dalam peroses pemasanganya, belum lagi dari sisi tampilannya yang tergolong memiliki beberapa varian motif dan warna.

Memang saat ini banyak juga jenis penutup lantai lainnya yang memiliki motif dan warna yang cukup beragam, hanya saja untuk karpet memiliki bahan yang lembut sehingga dapat membuat nyaman disaat berjalan pada permukaan karpet.

Untuk karpet yang akan ditempatkan pada kantor anda perlu memperhatikan tentang kebersihannya, sebab karpet sendiri disebut-sebut sebagai rumahnya bagi debu. Oleh karena itulah anda perlu memperhatikan kebersihan karpet terlebih jika bersih pun dapat menjaga kesehatan bagi anda dan para pekerjanya.

Kelebihan yang dimiliki karpet :

  • Tektur pada permukaannya lembut.
  • Membuat susana ruangan terasa hangat.
  • Mudah dalam peroses pemasangannya.
  • Mudah dibersihkan

Kekurangan yang dimiliki karpet :

  • Bahannya mudah terbakar.
  • Tidak tahan dari air sehingga jika dibiarkan tidak langsung dikeringkan dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap.
  • Jika terkena noda seperti tinta, akan sulit untuk dihilangkan.

3. Lantai vinyl motif kayu

Jenis lantai berkualitas baik untuk kantor

Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang berbahan dasarnya dari pvc yang dimana jenis tersebut kategori bahan berjenis plastik dan dibekali fisik yang elastis sehingga dapat mempermudah dalam proses pemasangannya.

Selain itu juga lantai vinyl di bekali tampilan yang estetik, yang didapat dari warna dan motif seperti kayu.


Hampir setiap bangunan kantor untuk saat ini sering mempergunakan penutup lantai dengan tampilan estetik sebab selain menjadi tren belakangan ini, tampilan tersebut dapat membuat memanjakan mata bahkan menjadi nyaman saat dipergunakan karena permukaan lantai yang terasa empuk.

Hanya saja jika anda akan menggunakan jenis lantai vinyl untuk bangunan kantor perlu anda perhatikan sebab lantai vinyl terdapat zat kimia yang tidak baik bagi kesehatan, itu sebabnya lantai yang satu ini memiliki harga yang cukup terjangkau.

Kelebihan yang dimiliki lantai vinyl :

  • Mudah dalam proses pemasangannya karena sifatnya yang elastis.
  • Memiliki motif dan wara seperti kayu sehingga tampilannya terkesan estetik.
  • Harganya cukup terjangkau.
  • Tahan air dan warna pun tidak mudah kusam.

Kekurangan yang dimiliki lantai vinyl :

  • Tidak baik bagi kesehatan, kerena terdapat zat kimia pada bahan dasarnya.
  • Mudah terbakar.
  • Mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.

4. Lantai kayu solid

Jenis lantai berkualitas baik untuk kantor

Jenis lantai yang satu ini yaitu lantai kayu solid mungkin bisa menjadi solusi pilihan lain untuk dipergunakan pada bangunan perkantoran pasalnya dalam penggunaan bahan dasarnya terbuat dari kayu yang di ambil secara langsung dari potongan-potongan jenis kayu keras seperti kayu jati, kayu merbau, kayu ulin, dan jenis kayu lainnya, sehingga dari bahan dasarnya menggunakan kayu keras dapat dipergunakan jangka panjang.


Untuk menentukan lantai kayu solid mana yang akan anda pilih dapat disesuaikan dengan bahan dasar dari kayunya, sebab setiap jenis kayu memiliki warna dan motif  yang cukup beragam.

Tampilan yang artistik dan empuk saat memijakan kaki dapat membuat nyaman saat melakukan beraktifitas bekerja di tambah lagi mempunyai aroma khas kayunya yang dapat menyejukan pikiran anda.

Kelebihan yang dimiliki lantai kayu :

  • Mempunyai beragam jenis waran dan motif yang disesuaikan dengan kayunya.
  • Dapat dipergunakan jangka panjang.
  • Dapat manciptakan aura positif yang didapat dari aroma kayunya.
  • Nyaman saat di pergunakan karena sifatnya yang empuk saat di pijak.


Kekurangan yang dimiliki lantai kayu :

  • Mudah tergores pada permukaan lantainya yang disebabkan benda-benda tajam.
  • Perlu perawatan khusus aga tetap menjaga kualitas warna tampilannya.
  • Tidak tahan dari air sehingga jika terkena harus langusung di keringkan.


Itulah penjelasan mengenai beberapa jenis lantai yang berkualitas baik yang direkomendasikan untuk bangunan kantor. Jika kita flsah back dari penjelasan diatas, semua jenis lantai tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan dibedakan dari behan dasar dalam pembuatanya.

Untuk semua jenis lantai tersebut sama-sama memiliki kualitas yang baik untuk dipergunakan, lalu jenis lantai manakah yang harus dipergunakan ?...

Hal itu tergantung dari anda sendiri pasalnya setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda oleh sebab itu dalam hal memilih lantai mana yang akan dipilih, pastikan dari daya tahan, nyaman, dan tampilannya sudah memenuhi kriteria yang tadi sudah dijelaskan. Dengan begitu dapat menentukan lantai mana yang akan anda pilih.


Post a Comment for "Lantai kantor yang berkualitas baik dapat meningkatkan kinerja"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel