Mengenal jenis lantai Vinyl yang bermotifkan kayu


Dalam mendekorasi rumah terutama untuk menambah interior pada lantai bangunan rumah, tidak hanya dilihat dari kekuatannya saja, dengan memperindah lantai pada bangunan rumah anda juga perlu diperhatikan karena dapat menambah nilai estetika dan keindahan pada bangunan rumah anda.
Ada banyak bahan penggunaan untuk menghiasi lantai rumah anda salah satunya seperti jenis lantai vinyl.
Disini kami akan menjelaskan mengenai jenis lantai vinyl yang bermotifkan kayu.

Apa Itu Jenis Lantai Vinyl ?........

Lantai vinyl merupakan jenis lantai sintetis yang berbahan dasar  PVC ( polyvinyl cholaride ).
Lantai vinyl mempunyai karakteristik yang elastis dan tahan terhadap air. Disamping itu juga jenis vinyl mempunyai beragam jenis motif kayu dan memiliki anti gores pada permukaannya sehingga dapat melindungi dari benda yang dapat menggoreskan pada lantai vinyl.

Lantai vinyl mempunyai 2 jenis yaitu :

vinyl roll dan vinyl tile
  1. Vinyl roll mempunyai ketebalan yang lebih tipis dibandingkan jenis tile dan mempunyai harga yang lebih terjangkau dibandingkan vinyl tile. 
  2. Vinyl tile mempunyai kualitas yang lebih bagus dengan memiliki fisik yang lebih keras untuk dari segi keawetan juga mempunyai kualitas yang baik dan tentu saja mempunyai harga di atas dari jenis vinyl roll.
Dari 2 jenis vinyl tersebut ada juga brand ternama yang menyediakan berbagai jenis lantai vinyl yang bermotif kayu, diantarnya yaitu :
  • Golden crown
  • Kendo
  • Hachiko 
  • Home Deco
Dari jenis-jenis brand vinyl diatas mempunyai kualitas yang sama bagusnya karena dalam pembuatannya menggunakan alat yang modern dan terbaru terlebih dikerjakannya juga oleh tenaga profesional sehingga memiliki kualitas yang baik.

Untuk perbedaannya sendiri tidak begitu banyak hanya dari segi harga dan kualitasnya. dari semua jenis tersebut Golden crown yang memiliki kualitas yang baik karena memiliki daya tahan yang baik dan mempunyai warnai yang serupa dengan beragam jenis kayu.

Adapun contoh gambar dibawah ini mengenai motif-motif jenis lantai vinyl berdasarkan kode jenisnya.


Lantai vinyl mempunyai ukuran 3 mm x 152.4 mm x 914.4

Bagi anda yang sudah mengenal jenis lantai vinyl, perlu diketahui juga mengenai kelebihan dan kekurangannya agar anda memahinya dan mengetahui kekurangan yang terdapat dari jenis lantai viny, agar anda dapat menerapkan pada bangunan rumah anda.

Kelebihan dan kekurangan lantai vinyl

kelebihan dan kekurangan lantai vinyl

*Kelebihan lantai vinyl 

Beragam motif kayu
Karena menggunakan alat yang modern dan terbaru sehingga dalam pembuatannya dapat menyerupai jenis-jenis motif kayu asli.

Awet
Karena menggunakan bahan dasarnya PVC yang sudah diakui dunia dari segi kualitas ketahanan dan keawetannya.

Tahan air
Tidak memiliki daya serap seperti kayu sehingga memiliki daya tahan terhadap air.

Tahan terhadap rayap
karena ada bahan campuran kimia dan otomatis tidak disukai oleh rayap.

Harga terjangkau
Karena menggunakan jenis bahan dasarnya PVC yang tergolong terjangkau dari segi harganya.

Mudah dalam pemasangannnya
Bahannya yang ringan, elastis dan mudah di potong sehingga mudah untuk dikerjakan.

Mudah untuk diganti
Selain pemasangan yang mudah untuk proses penggantian jenis lantai vinyl juga mudah karena hanya menggunakan perekat lem untuk proses pemasangannnya.

*Kekurangan lantai vinyl 

Tidak baik bagi kesehatan
Karena ada bahan kimia yang terkandung didalam jenis PVC untuk menggunakannya tidak baik untuk kesehatan.

Mudah terkelupas
Jika pemasangannnya tidak rapih atau juga terkena benda yang menyebabkan kerusakan pada lantai vinyl karena hanya menggunakan lem perekat saja dan memiliki ukuran yang tipis.

Tidak bisa diperbaiki
Jika rusak susah untuk diperbaiki sehingga harus diganti dengan yang baru.


Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai vinyl, anda dapat mengatasi dari kekurangannya sehingga akan mempermudah bagi anda saat penerapannya.

Tidak sampai disitu bagi anda yang akan menerapkan pada bangunan rumah, terlebih anda ingin memasang sendiri dan bingung untuk mempergunakan untuk dipasang. Disini juga kami akan menjelaskan mengenai proses atau cara pemasangan lantai vinyl pada bangunan rumah.

Cara pemasangan lantai vinyl agar terlihat rapih dan nyaman

Cara pemasangan lantai vinyl


Berikut cara pemasangan lantai vinyl agar telihat rapih dan nyaman untuk dipergunkan pada bangunan rumah anda.
  1. Menghitung luas lantai yang akan digunakan.
  2. Persiapkan lantai vinyl dan sudah menyesuaikan ukuran luas lantai yang akan dipergunakan.
  3. Bersihkan permukaan lain dari noda atau benda-benda yang menghalangi proseses pemasangan karena untuk memudahkan dan agar rata pada saat proses pemasangan.
  4. Usahakan unutk proses pemasangan diawali pada bagian tengah terlbeih dahulu agar mudah untuk menyusun lantai vinyl sampai tepi ruagan.
  5. Siapkan lem perekat lalu oleskan pada bagian bawah pada lantai vinyl sampai merata lalu anda bisa memasangnnya.
  6. Untuk bagian terakhir jika sudah selesai sampai pemasangan dan memastikan bahwa lemnya sudah kering, anda bisa membersihkan lantai vinyl dari noda debu atau pun sisa lem yang menempel. pastikan juga untuk membersikannya dengan halus aga rtidak merusak pada lantai vinyl tersebut.
Terlihat mudahkan untuk proses pemasangannya, nah bagi anda yang penasaran ingin mencoba mengguanakan lantai viny, anda dapat mengikuti proses cara pemasangan tersebut. Lantai kayu vinyl yang dipergunakan pada bangunan rumah anda akan terlihat lebih estetik dan dapat menambah nilai keindahan pada bangunan rumah anda.

Apalagi jika anda  menggunakan jenis lantai vinyl perpaduan dengan lantai kayu akan menciptakan nilai keindahan pada bangunan rumah anda seperti terciptanya nilai artistik, mendapatkan nilai estetika dan membedakan pada bangunan lain yang tidak menggunakan jenis-jenis tersebut. keuntungan yang diapat dari anda, akan nyaman dan sejuk melihat nuansa keindahan rumah anda.

No comments for "Mengenal jenis lantai Vinyl yang bermotifkan kayu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel