Tips Dan Cara Merawat Lantai Kayu Untuk Menjaga Tampilannya

Dalam membangun sebuah rumah di era sekarang ini untuk memilih penggunaan bahan dasarnya pastinya menginginkan daya tahan yang kuat dan tampilan yang menarik, seperti salah satu contohnya menggunakan bahan kayu.

Bagi sebagian orang untuk menggunakan bahan kayu meraka beralasan untuk menghadirkan kesan natural dalam ruangan rumah, menambah keindahanan, dan memiliki ciri khas tersendiri pada bangunannya. Teruratama pada penggunaan penutup lantainya yang menggunakan bahan kayu atau lantai kayu

Penggunaan lantai kayu pada umum yang biasa diaplikasikan seperti salah satu contohnya pada ruang keluarga, kamar tidur, dapur, dan lain sebagainya . Dari sudut ruang yang menggunakan lantai kayu terdapat bagian-bagian bernilai estetik sebab memang kayu sendiri terdapat warna dan motif yang indah sehingga sering sekali dipergunakan bagi sebagian orang yang ingin tampilan rumahnya terdapat ciri khas tersendiri.

Terlepas dari apa yang sudah dijelaskan mengenai lantai kayu sebenarnya agar tampilan dan nyaman saat digunakan. Anda perlu membutuhkan perawatan lantai kayu untuk dijaga kebersihannya karena jika tidak nilai tampilan pada lantai kayu akan berkurang, apalagi jika mengalami kerusakan yang fatal maka anda akan dibuat repot.

Akan tetapi bagi anda yang hawatir dalam permasalah tersebut, disni saya akan memberikan beberapa informasi penting mengenai perawatan lantai kayu agar lebih awet dan bahkan dapat dipergunakan hingga bertahun-tahun. Simak penjelasan langkah-langkah cara perawatan seperti dibawah ini.

Langkah - Langkah Cara Perawatan Lantai Kayu 

Menjaga kebersihan lantai kayu

Tidak hanya seperti lantai keramik atau jenis penutup lantai lainnya soal menjaga kebersihannya. Lantai kayu juga perlu dibersihkan dari debu-debu atau noda yang menempel dengan cara disapu setiap harinya atau anda juga bisa menggunakan cara praktis dengan menggunakan alat vacuum cleaner. 

Hanya saja bagi anda yang ingin menggunakan alat ini perlu memeprhatikan dari segi penggunaan daya rendah agar tidak merusak pada permukaan lantai kayunya. Sehingga dengan begitu tampilan lantai kayu pada rumah anda akan tetap terjaga nilai kebersihannya.

Hindari penggunaan benda tajam yang dapat merusak permukaan lantai

Anda harus berhati-hati ketika memindahkan barang ataupun meletakan barang. Untuk pemindahan barang sebaiknya diangkat atau furniture dilapisi dengan karet agar tidak menimbulkan bekas goresan pada lantai kayu dan agar finishing lebih tahan lama.

Ketika berencana menukar posisi perabot, pastikan tidak menimbulkan goresan pada permukaan lantai kayu sebagaimana tips sebelumnya. Jangan memindahkan barang dengan cara didorong atau digeser tetapi diangkat atau menggunakan alas karet.

Oleh karena itu bagi anda sebelum menggunakan lantai kayu perhatikan juga dalam posisi yang nantinya akan ditempatkan pada suatau ruangan yang memiliki barang-barang, agar terlebih dahulu dipilah dahulu dalam penempatannya.

Karpet dapat dijadikan alternatif untuk menutupi lantai parket, terutama pada area atau ruangan yang paling sering dilalui. Memang tips ini sedikit kontras dengan tujuan pemakaian lantai kayu itu sendiri. Tapi pemilihan penggunaan karpet dilakukan hanya sebagai alternative agar lantai kayu lebih awet.

Hindari tempat yang lembap

Musuh bebuyutan kayu adalah kelembapan. Maka dari itu kurangi aktifitas membersihkan lantai kayu parket dengan cara dipel dengan pel basah, cukup disapu saja. Ini karena genangan air yang disebabkan oleh proses mengepel bisa mengendap di lapisan  yang berujung pada pelapukan. Tentu ada tidak ingin hal demikian terjadi bukan.

Bagaimana jika terkena noda yang susah dihilangkan ?. Untuk mengatasi lantai yang terkena noda bisa menggunakan lap kering. Namun apabila noda yang menempel terbilang susah, manfaatkan air perasan belimbing wuluh atau jeruk lemon untuk melenyapkannya. Cara lainnya bisa dengan memberi cuka putih pada noda yang ada di lantai lalu diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan kain lap kering.

Hebatnya, ketiga bahan alami di atas yaitu lemon, belimbing dan cuka tidak hanya mampu mengangkat noda di lantai kayu parket, tapi juga membuatnya nampak berkilau kembali.

Hindari paparan sinar matahari

Yang terakhir yaitu, hindari paparan langsung sinar matahari yang dapat merusak permukaan lantainya sebab nantinya warna pada lantai kayu dapat kusam jika dibiarkan.

Nah untuk caranya, anda cukup menggunakan tirai pada bagian jendela rumah ataupun bisa mengguakan kanopi pada bagian luar rumah anda. Cara ini bisa dibilang cukup efektif.

Bila warna lantai kayu anda kusam, tidak perlu hawatir akan hal ini. Anda dapat menggunakan cairan varnish khusus kayu dan mengoles secara merata pada permukaan lantainya dengan begitu akan terlihat sempurna bahkan terkesan seperti baru kembali.

Itulah beberapa tips dan cara merawat lantai kayu agar tetap menjaga nilai keindahannya dan juga agar dapat dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama. Dengan demikian bagi anda yang sudah mengikuti langkah-langkah tersebut akan nyaman disaat anda menggunakan lantai kayu pada bangunan rumah anda.

No comments for "Tips Dan Cara Merawat Lantai Kayu Untuk Menjaga Tampilannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel