Ingin Menghadirkan Nuansa Alami Pada Rumah? Ikuti Tips Ini

Tips Menciptakan  Rumah yang Bernuansa Alami

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa sebuah hunian yang mengusung konsep alam itu dapat menciptakan nuansa yang lebih sejuk dan asri. Tentu saja hal tersebut juga akan berdampak bagus untuk kesehatan tubuh.

Itu sebabnya, mengapa banyak orang yang rela melakukan beragam cara untuk mendapatkan hunian yang alami dan asri tersebut.

Akan tetapi, ternyata untuk mewujudukan sebuah hunian yang alami itu bukanlah perkara yang mudah. Terlebih bagi mereka yang memang tidak memiliki jiwa seni, sehingga idenya sering mentok di tengah jalan saat hendak menciptakan nuansa alami di dalam rumahnya.

Lantas, bagaimanakah cara menciptakan nuansa alami pada rumah...???

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas beberapa tips dan trik mengenai cara membuat rumah bernuansa alami. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Tips Cara Membuat Rumah Bernuansa Alami

1. Menggunakan Material Kayu

Tips Menciptakan  Rumah yang Bernuansa Alami - gunakan material kayu

Tips pertama yang dapat kamu lakukan dalam menciptakan rumah bernuansa alami, yakni dengan menggunakan material kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu ini bersumber dari pohon-pohon sehingga memiliki warna dan pola serat alami.

Adapun salah satu material kayu yang bisa kamu aplikasikan untuk rumah, yaitu berupa lantai kayu atau parket. Selain dapat menghadirkan nuansa alami, ternyata penggunaan lantai kayu juga memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan tubuh lho. Mengapa demikian..???

Pasalnya lantai kayu ini memiliki kemampuan yang dapat mengeluarkan ion negatif di dalam ruangan, serta menyalurkan energy hangat ke dalam rumah. Saat cuaca sedang terik, bahkan lantai kayu ini pun dapat menyerap panas tersebut sehingga suhu di dalam ruangan akan tetap sejuk.

Untuk kelengkapan informasi seputar produk parket, silahkan klik : Keunggulan dan Kekurangan Lantai Kayu

2. Sediakan Bukaan yang Cukup

Tips Menciptakan  Rumah yang Bernuansa Alami - sediakan bukaan yang cukup

Selain menggunakan material lantai kayu, penting juga bagi kamu untuk memperhatikan pencahayaan alami melalui sinar matahari di siang hari. Ya, terang saja demikian, sebab paparan sinar matahari ini berfungsi untuk mengurangi tingkat kelembapan di rumah.

Selain bagus untuk kesehatan, tentu saja dengan memaksimalkan pencahayaan alami di siang hari itu akan lebih menghemat listrik. Terlepas dari hal tersebut, usahakan juga untuk memperbanyak sirkulasi udara agar sirkulasi di dalam rumah tetap berjalan dengan baik.

3. Mengaplikasikan Warna Alam

Tips Menciptakan  Rumah yang Bernuansa Alami - mengaplikasikan warna alam

Perlu kalian ketahui, bahwa unsur-unsur alam itu tidak harus selalu dalam bentuk barang. Sebagai gantinya, kamu juga bisa menghadirkan warna-warna untuk menciptakan nuansa alami di dalam rumah. Seperti mengecat area dinding dengan warna hijau tua ata hijau muda, sehingga akan tercipta sensasi alami dan asri.  

Selain warna hijau, kamu pun dapat menggunakan warna cokelat pada dinding agar tampak seperti peohononan kayu. Nah, agar tampilannya semakin sempurna, kamu bisa menambahkan beragam ornamen atau aksesoris yang juga mengandung unsur alami.

Baca juga : Tips Memilih Plafon Untuk Rumah Minimalis

4. Menghadirkan Tanaman Hias Indoor

Tips Menciptakan  Rumah yang Bernuansa Alami - menghadirkan tanaman hias indoor

Ini dia salah satu elemen yang menjadi faktor penentu dalam menciptakan sebuah hunian bernuansa alami. Ya, dengan menghadirkan berbagai jenis tanaman hias indoor, tentu saja kita akan merasa lebih dekat lagi dengan alam.

Selain dapat menciptakan nuansa yang alami dan asri, keberadaan tanaman hias indoor tersebut juga berperan untuk mengusir polutan di dalam ruangan lho. Secara otomatis, ruangan di rumah anda akan tampak lebih segar dan sejuk. Adapun mengenai berbagai jenis tanaman hias indoor yang dapat kamu gunakan seperti berikut :

  • Lidah buaya
  • Sanseviera (lidah mertua)
  • Lavender
  • Monstera (janda bolong)
  • Spider plant
  • Kaktus dan masih banyak lagi.

5. Sediakan Aquascape

Tips Menciptakan  Rumah yang Bernuansa Alami - sediakan aquascape

Pada dasarnya, memang belum terlalu banyak orang yang paham betul dengan perbedaan aquascape dan aquarium. Perlu kalian ketahui, akuarium itu hanya terfokuskan pada fauna yang ada di dalamnya.

Lain halnya dengan Aquascape, yang mana ia mencakup ekosistem mikro dalam air seperti tanaman, batu-batuan, kayu, karang, fauna, dan elemen-elemen lainnya yang masih serupa dengan ekosistem air asli.

Jika rumahmu ingin dihiasi dengan Aquascape tersebut, kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan khusus. Atau agar lebih simple, sebaiknya kamu membeli Aquascape yang sudah jadi melalui jasa-jasa profesional.

6. Memperbanyak Kaca dan Bukaan Lebar Pada Ruang Utama

Tips Menciptakan  Rumah yang Bernuansa Alami - memperbanyak kaca dan bukaan lebar di ruang utama

Sebenarnya antara ruang tamu dan ruang keluarga merupakan pusat dari hunian itu sendiri. Oleh karena itu, sudah seharusnya kedua ruangan tersebut memiliki banyak bukaan lebar yang berfungsi sebagai sirkulasi udara serta cahaya matahari dari luar ke dalam rumah.

Dengan banyaknya bukaan tersebut, tentu saja ruangan di dalam rumahmu akan terasa lebih segar dan sejuk. Degan begitu, hal ini juga sangat membantu dalam mengurangi penggunaan air conditioner (ac) dan lampu di siang hari.

Artikel menarik lainnya : Inspirasi Dekorasi Dinding Kaca Rumah Minimalis

7. Ruang Void

Tips Menciptakan  Rumah yang Bernuansa Alami - ruang void

Ruang void itu apa sih...?? dan untuk apa gunanya..???

Void itu sendiri berupa berbagai berbagai macam ruang, yang salah satunya bertujuan agar setiap ruang dan penghuninya tetap bisa terhubung meski sedang berada di lantai yang berbeda. Bukan hanya itu, ruang void juga bisa membuat rumah tampak lebih sejuk karena fungsinya sebagai sirkulasi udara.

Manfaat Sirkulasi Udara Untuk Kesehatan Tubuh

  • Dapat Mengurangi Risiko Terkena Penyakit ISPA

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan dari adanya sirkulasi udara di rumah, yakni untuk mengurangi risiko terkena penyakit ISPA. Hal itu bukan tanpa alasan, karena sirkulasi udara yang baik akan membentuk proses pertuaran udara dari luar dan dalam ruangan menjadi lebih lancar.

Sehingga hal tersebut sangat bagus untuk kesehatan, yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit maslah pernafasan seperti ISPA.

  • Bebas Dari Polusi

Tak banyak dari kita yang menyadari, bahwa udara di dalam ruangan sudah terkontaminasi oleh polusi dari luar maupun dalam rumah. Seperti debu, kuman, bau-bau dari sampah, asap kendaraan, asap rokok, asap kompor, dan lain sebagainya.

Tentu saja semua partikel polusi tersebut dapat menyerang saluran pernafasan. Maka dari itu, fungsi sirkulasi udara sangatlah penting karena berperan untuk mengusir zat polutan yang kemudian digantikan oleh udara segar.

  • Sumber Vitamin D

Sebenarnya sumber vitamin D itu tidak hanya tedapat pada makanan atau suplemen tertentu. Ya, kamu bisa memanfaatkan paparan sinar matahari untuk mendapatkan asupan vitamin D bagi tubuh. Itu sebabnya, mengapa banyak orang yang kerap menjemur dirinya di bawah paparan sinar matahari pagi.

Bahkan, cahaya matahari yang masuk melalui ventilasi seperti jendela dapat menjaga tingkat kelembapan di dalam ruangan rumah, sehingga area dinding tidak akan mudah berjamur.

Nah, seperti itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan rumah bernuansa alami, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan referensi.



No comments for "Ingin Menghadirkan Nuansa Alami Pada Rumah? Ikuti Tips Ini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel