Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mari Kita Lihat Perbandingan Harga Lantai Kayu dan Keramik

 

Perbandingan Harga Lantai Kayu dan Keramik

Harga Lantai Kayu dan Keramik – Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa kayu dan keramik merupakan beberapa jenis material terbaik yang kerap digunakan untuk kebutuhan bangunan. Ya, salah satunya dijadikan sebagai material penutup lantai.

Pasalnya, kedua material lantai tersebut memiliki ciri khasnya tersendiri. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai perbandingan mulai dari karakteristik hingga harga pada kedua jenis material lantai tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Lantai Kayu Vs Lantai Keramik

1. Perbandingan Dari Bahan Material

Lantai Kayu

material lantai kayuu

Pada dasarnya tidak semua jenis kayu itu cocok dijadikan bahan baku untuk pembuatan lantai kayu solid (kayu asli). Sebab jenis kayu yang digunakan harus memiliki beberapa kriteria khusus, yang dinilai dari  tingkat kekerasan, tingkat keawetan, dan daya tahannya.

Adapun mengenai beberapa jenis kayu yang sudah terbukti cocok digunakan untuk lantai kayu solid seperti Kayu merbau, Kayu jati, Kayu bengkirai, dan Kayu ulin.

Selain lantai kayu solid, tersedia juga produk lantai kayu sintetis yang menawarkan harga lebih murah. Jika dinilai dari tingkat kekuatan, tentu saja lantai kayu jauh lebih unggul dari lantai kayu sintetis.

Baca Juga : Mengenal Kayu Jati

Lantai Keramik

bahan lantai keramik

Bahan utama yang digunakan pada pembuatan lantai keramik itu berupa tanah liat dengan tekstur lengket, sulit menyerap air, dan bisa terpecah menjadi butiran-butiran halus saat kering. Kemudian tanah liat tersebut akan dibentuk melalui beberapa teknik, seperti teknik penijatan, teknik pilin, dan teknik lempengan.

Tak hanya itu, ada juga cara pembentukan tanah liatnya yang dilakukan di putar pada meja putar secara manual maupun elektrik. Setelah itu tanah liatnya akan dimasukkan kedalam mesin cetak, kemudian dilanjutkan dengan proses pengeringan.

2. Perbandingan Tingkat Kekuatan

Perbandingan Tingkat Kekuatan

Apabila dinilai dari tingkat kekuatannya, mungkin lantai kayu dan lantai keramik ini sama-sama kuat. Namun, lantai kayu akan jauh lebih kuat dari lantai keramik saat diberi perawatan khusus. Bagaimana tidak? sebab lantai kayu yang diberi perawatan khusus ini mampu bertahan hingga ratusan tahun lamanya lho.

Namun, tingkat kekuatan tersebut kembali lagi pada jenis kayu yang digunakan. Menurut informasi yang didapat, jenis lantai kayu yang tingkat kekuatannya mencapai ratusan itu adalah lantai kayu jati.

3. Perbandingan Dari Tingkat Keindahan

Perbandingan Dari Tingkat Keindahan

Sebenarnya lantai kayu dengan lantai keramik sama-sama menghadirkan tampila yang indah. Ya, hal itu kembali lagi pada selera masing-masing.

Namun dari segi motif, tentu lantai kayu ini hanya menghadirkan motif khas kayu saja. Sehingga penggunaan lantai kayu dapat memberikan kesan natural namun masih tetap mewah dan elegan. Kendati demikian, pada setiap jenis lantai kayunya menghadirkan motif dan warna yang berbeda.

Berbeda dengan lantai keramik yang menghadirkan beragam motif, mulai dari motif bebatuan, motif alam, motif pecahan kaca, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada pula lantai keramik yang tampil dengan motif seperti lantai kayu.

4. Perbandingan Dari Cara Perawatan

Perbandingan Dari Cara Perawatan

Bisa jadi dari segi perawatan lantai keramik ini lebih uggul dari lantai kayu. Pasalnya, lantai keramik sama sekali tidak membutuhkan perawatan khusus. Lantai keramik hanya perlu disapu dan di pel seperti biasa.

Berbeda dengan lantai kayu yang memerlukan perawatan khusus untuk menjaga tingkat keindahan dan kekuatannya. Meski demikian, perawatan pada lantai kayu solid secara keseluruhannya tidaklah seribet yang dibayangkan.

Artikel Terkait : Tips Merawat Lantai Kayu Dengan Baik dan Benar

5. Perbandingan Harga

Perbandingan Harga

Mengingat material lantai kayu solid terbuat dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan apapun, secara otomatis harganya pun akan jauh lebih mahal dari lantai keramik. Hal itu sangat wajar terjadi, mengingat kualitas yang disuguhkan pada lantai kayu solid ini sudah terbukti jauh lebih baik dari lantai kayu keramik.

Untuk informasi lengkapnya seputar daftar harga lantai kayu, silahkan kunjungi link berikut -> www.pixelxcore.net

6. Perbandingan Dari Proses Pemasangan

Perbandingan Dari Proses Pemasangan

Proses Pemasangan Lantai Kayu

Sebelum dilakukan pemasangan lantai kayu, maka kondisi permukaan lantainya harus rata. Jika permukaan lantainya memang sudah rata, siapkan material parket dan peralatan pendukung lainnya seperti palu, paku, lem, benang, dan sebagainya

  • Setelah itu lapisi lantai dengan foam khusus, kemudian sambungannya harus dierekatkan menggunakan lakban
  • Selanjutnya akan dilakukan pengukuran luas ruangan untuk menentukan pembagian lembaran lantai kayu
  • Kemudian mulai proses pemasangan dengan system click, dimana satu sisi lantai ke lantai lainnya akan tersebut dan saling mengunci
  • Berikutnya tinggal memasang rubber pad pada setiap pertemuan lembaran parket dengan dinding
  • Puku-pukul lantai kayu dengan palu karet agar terpasang dengan sempurna.

Proses Pemasangan Lantai Keramik

  • Seperti biasa hal pertama sebelum proses pemasangan dilakukan, yakni mempersiapkan semua peralatan
  • Pastikan lantai dasarnya sudah di aci atau di plester menggunakan campuran semen
  • Setelah itu akan dilakukan pengukuran luas lantai ruangan
  • Kemudian keramik akan direndam kedalam air selama beberapa jam
  • Berikutnya keramik harus diolesi air semen, lalu bilas lagi sampai benar-benar bersih
  • Tempelkan dan padatkan keramiknya secara merata agar terlihat rapih, dengan cara dinjak perlahan atau dipukul-pukul menggunakan palu karet
  • Jika sudah demikian, maka tahap yang terakhir adalah memasang nat keramik.

Kesimpulan

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa lantai kayu dan lantai keramik memiliki ciri khasnya tersendiri. Dengan kata lain, semua itu kembali lagi pada selera masing-masing. Apakah anda lebih menyukai lantai kayu atau lantai keramik?

Demikianlah ulasan singkat mengenai perbandingan lantai kayu dengan keramik, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

 

 

Post a Comment for "Mari Kita Lihat Perbandingan Harga Lantai Kayu dan Keramik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel