Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah cara mengusir kelabang di langit langit kamar tidur anda

Cara mengusir kelabang di langit langit kamar

Kelabang merupakan jenis hewan yang memiliki kaki setiap bagian ruas tubuhnya, kelabang suka tinggal di lingkungan yang lembab. Bahkan mereka butuh kelembaban ini untuk bertahan hidup karena kelembaban dapat melindungi mereka dari dehidrasi dan kedinginan. Serangga yang bentuknya menyeramkan ini bernapas melalui spirakel alias celah kecil yang ada di tubuhnya, dan lingkungan yang lembab juga akan memberi mereka aliran udara yang stabil supaya bisa bernapas dengan baik.

Hampir setiap orang pastinya jijik dan takut jika berjumpa dengan makhluk yang satu ini, tetapi ada fakta menarik juga loh yang terdapat dari kelabang, penasaran yuk kita simak ulasan sebagai berikut.

Fakta menarik tentang kelabang

Cara mengusir kelabang di langit langit kamar

1. Kelabang menyukai tempat yang lembab dan kotor.

Kelabang menyukai tempat-tempat yang memiliki suhu lembab bahkan bisa menjadi sarang bagi serangga tersebut.

Untuk itu anda harus perlu menjaga suhu rungan kamar tidur anda dari kelembapan dan juga kebersihan kamar tidur anda, jangan sampai serangga yang satu ini memasuki area kamar tidur anda.

2. Kelabang menjadi alat pembasmi hama rumah.

Selain hewan yang kita takuti juga, ternyata kelabang dapat membantu juga loh, kok bisa ya ?.. ya karena kelabang memakan serangga lain seperti kecoa, rayap, dan jenis serangga lainnya dengan demikian bisa membantu juga kan.

3. Kelabang memiliki racun dan bisa mengigit.

Kelabang bukanlah binatang yang suka menyerang manusia, akan tetapi perlu anda ketahui juga hewan ini bisa menggigit dan dapa menyuntikkan racunnya ketika merasa terganggu atau terancam. Dengan begitu anda juga perlu berhati-hati jika bertemu makhluk yang satu ini.

4. Kelabang bisa menjadi santapan.

Selain memiliki bentuk fisik yang menyeramkan dan racun yang dimilikinya ternyata kelabang bisa menjadi santapan, mengerikan bukan ?... ya bagi sebagian orang akan terasa aneh bukan tetapi bagi orang pecinta makanan ekstrim hal tersebut bisa di anggap wajar bahkan dipercaya sebagai obat.

Terlepas dari apa yang sudah dijelaskan, nah bagaimana cara mengusir kelabang ?...

Untuk cara mengusir kelabang di area rumah anda terutama pada langit-langit kamar anda, banyak cara yang bisa anda lakukan bahkan menggunakan bahan-bahan alami dalam metodenya. Berikut penjelasan cara mengusir kelabang pada langit-langit kamar tidur.

Cara mengusir kelabang di langit-langit kamar tidur

Untuk cara mengusir kelabang anda dapat menggunakan beberapa bahan alami atau bisa anda temukan dengan mudah, seperti :

1. Anda dapat menggunakan bubuk merica

Cara mengusir kelabang di langit langit kamar

Yang pertama anda dapat menggunakaan bubuk merica dengan manaburkan pada area yang sering anda lihat keluar masuknya kelabang atau anda juga dapat menaburkan pada sarangnya.

Sebab kelabang akan merasa kesakitan jika terkena bubuk merica selain itu juga bubuk merica memiliki aroma yang menyengat sehingga kelabang tidak menyukainya bahkan dapat mencegah juga.

2. Menggunakan cabai

Cara mengusir kelabang di langit langit kamar

Cara yang kedua, anda dapat menggunakan cabai yang telah di iris terlebih dahulu lalu anda dapat menaburkan pada area yang sering dilalui kelabang.

Akan tetapi anda juga perlu berhati-hati dalam menaburkan bubuk cabai sebab memiliki efek panas terhadap kulit sehingga anda perlu mempergunakan sarung tangan dalam hal ini.

3. Menggunakan tanah diatom

Cara mengusir kelabang di langit langit kamar

Tanah diatom sebenarnya merupakan sejenis batu sedimen silika . Batuan ini terbentuk dari cangkan diatom yaitu alga satu sel yang telah menjadi fosil. Tanah ini akan membunuh kelabang dengan membuatnya dehidrasi, alias mengeringkan cangkang luarnya.
Serbuk ini dapat anda taburkan secukupnya di seluruh bagian sudut langit-langit atau sudut kamar tidur anda disamping itu juga tanah diatom tidak berbahaya bagi manusia apabila bersentuhan. Namun perlu anda ketahui juga, jangan sampai bubuk ini terhirup karena dapat merusak paru-paru sehingga anda perlu mamakai masker dalam penggunaan ini.

4. Anda bisa menggunakan kapur barus

Cara mengusir kelabang di langit langit kamar

Cara yang satu ini bisa menjadi solusi lain dalam mengusir kelabang dengan menggunakan kapur barus, untuk kapur barus bisa anda jumpai di toko-toko terdekat dan juga kapur barus memiliki aroma yang cukup menyengat sehingga kelabang sendiri tidak menyukai aroma tersebut.

Untuk cara menggunakannya dapat menaruh di setiap sudut kamar tidur anda atau juga dapat menghaluskan terlebih dahulu agar lebih merata dalam menaburkan kapur barusnya.

5.  Menggunakan daun pandan

Cara mengusir kelabang di langit langit kamar

Daun pandan juga bisa anda gunakan dalam hal mengusir kelabanag sebab aroma wangi dari daun panda ternyata tidak disukai oleh kelabang loh.

Caranya anda dapat memotong-motong terlebih dahulu lalu menaruh di langit-langit kamar tiddur anda atau bagian kamar tidur yang sering dilalui oleh kelabang.

Nah, dalam metode ini bisa dikatakan cukup mudah bahkan aromanya pun dapat membuat nyaman saat anda sedang tertidur lelap.

6. Menggunakan minyak cedar

Cara mengusir kelabang di langit langit kamar

Minyak cedar adalah insektisida alami lainnya yang berguna untuk mengusir kelabang dari rumah dengan cara membuat kelabang menderita dehidrasi osmotik dan mati lemas. Minyak ini bisa dikatan efektif membasmi kelabang bahkan hampir semua jenis serangga juga bisa.
Minyak cedar juga akan mengemulsi lemak tubuh kelabang secara perlahan, yang pada akhirnya membunuh mereka. Semprotkan ruangan dengan larutan minyak cedar dan gunakan potongan kayu cedar di tempat kamar tidur anda.
Itulah cara-cara dalam hal mengusir kelabang yang bisa anda lakukan pada rumah anda terutma kamar tidur anda, dengan begitu tidak perlu hawatir lagi bukan, jika bertemu makhluk tersebut.

Bagaimana jika tergigit oleh kelabang ?...
Jika anda tergigit oleh kelabang sebisa mungkin yang pertama anda tidak perlu panik dalam hal tersebut, nah untuk lebih lanjutnya lagi simak ulasan yang saya berikan sebagai berikut.

Cara mengobati dari gigitan kelabang

Cara mengusir kelabang di langit langit kamar

Gigitan Kelabang biasanya tidak berbahaya dan memang jarang menyebabkan komplikasi kesehatan pada manusia. Jika terkena gigitan kelabang, anda dapat melakukan pengobatan sendiri di rumah untuk meredakan gejala yang muncul, yaitu:

  1. Membersihkan area gigitan dengan air mengalir dan sabun berbahan kimia lembut untuk mengurangi risiko infeksi
  2. Merendam area gigitan di dalam air hangat secepat mungkin untuk mengeluarkan racun lipan
  3. Memberikan kompres dingin dengan es yang dibungkus kain pada area gigitan selama 10 menit untuk mengurangi bengkak dan nyeri
  4. Mengonsumsi obat antihistamin dan antinyeri untuk mengurangi nyeri, gatal, dan pembengkakan

Jika langkah-langkah di atas tidak efektif untuk mengobati gejala yang muncul atau gejala justru semakin memburuk dalam waktu 48 jam, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Begitu pula jika anda mengalami reaksi alergi setelah digigit kelabang.

Itulah cara jika anda tergigit oleh kelabang, dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dapat membantu meredakan bahkan bisa juga menyembuhkan dari gigitan dari serangga.

Post a Comment for "Inilah cara mengusir kelabang di langit langit kamar tidur anda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel